Pengembangan model pembelajaran edutainment berbasis alam untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia dini kelompok b di kudus Tahun pelajaran 2021/2022

SUFA, NOOR FAILA (2022) Pengembangan model pembelajaran edutainment berbasis alam untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia dini kelompok b di kudus Tahun pelajaran 2021/2022. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman judul]
Preview
Text (Halaman judul)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (281kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (566kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar pustaka]
Preview
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan pedoman model pembelajaran edutainment yang valid dan efektif. Metode penelitian ini mengacu pada teori Borg dan Gall, Langkah penelitian adalah sebagai berikut: pengumpulan informasi, perencanaan penelitian, mengembangkan produk awal, pengujian lapangan, revisi, uji produk, revisi hasil uji produk lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan angket. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah guru dan siswa Raudhatul Athfal kelompok B di Kudus. Hasil penelitian ini dijabarkan dalam analisis kebutuhan, desain model, uji kelayakan, dan uji efektifitas. Analisis kebutuhan menunjukkan bahwa perlu adanya model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia dini. Maka digunakanlah model pembelajaran edutainment berbasis alam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development ( R&D ). Model pembelajaran edutainment adalah model pembelajaran yang dilakukan dalam proses untuk menciptakan kualitas pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kelayakan model, dan efektivitas. Pada desain model menggunakan sepuluh langkah penelitian dengan produknya yaitu model pembelajaran dan panduan pembelajaran edutainment berbasis alam. Uji kelayakan dengan uji N Gain yang menunjukkan rata-rata kelas eksperimen 0,71 dan 0,72 dengan Gain Klasifikasi tinggi dengan tingkat efektifitas “efektif” (g>0,70). Selain itu uji kelayakan juga dengan Uji Expert Judgment terdiri dari ahli Bahasa dan ahli materi . Hasil penilaian dari ahli Bahasa dan ahli materi memperoleh skor rata-rata validitas yaitu 80% dan 88% (kategori “sangat baik”). Uji efektifitas dengan uji homogenitas, normalitas, dan t. Pada uji homogenitas diketahui nilai signifikansi kemampuan berbahasa anak adalah 0,151 > nilai α =0,05 maka H0 diterima. Uji normalitas di peroleh nilai signifikansi untuk kemampuan berbahasa anak yaitu lebih dari 0,05 maka berdistribusi normal. Uji t, kemampuan berbahasa anak kelompok B menggunakan uji t, diperoleh nilai signifikansi (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,005.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: 1. Dr. Santoso, S.Pd., M. Pd 2. Dr. Suad, M. Pd
Kata Kunci: Edutainment , Berbasis Alam, Dan Kemampuan Bahasa
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan anak usia dini
Geografi. Antropologi. Rekreasi > Ilmu lingkungan
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 24 Mar 2022 03:04
Last Modified: 24 Mar 2022 03:04
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16114

Actions (login required)

View Item View Item