Analisis penerapan project based learning dalam pembelajaran daring kelas 3 di sd gemiring lor 01

Fithriani, Zunita Novi (2022) Analisis penerapan project based learning dalam pembelajaran daring kelas 3 di sd gemiring lor 01. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (371kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (145kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Project Based Learning dalam pembelajaran daring kelas 3 di SD N 01 Gemiring Lor, dengan rumusan masalah (1) Bagaimanakah penerapan project based learning pada pembelajaran daring di SD N 01 Gemiring Lor . (2) Dampak penerapan project Based learning dalam pembelajaran daring. Project Based learning Model sebuah model pembelajaran yang menekankan aktivitas siswa dalam memecahkan berbagai permasalahan yang bersifat open-ended dan mengaplikasikan pengetahuan mereka. Pada kegiatan pembelajaran suatu tindakan yang dimaksud adalah penggunaan pendekatan, metode atau strategi oleh guru. Peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif Kualitatif, tempat penelitian ini dilaksanakan di SD N 01 Gemiring Lor , Desa Gemiring Lor, Kecamatan Nalumsari Kabupaten jepara . Objek yang akan diteliti adalah Proses pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 kelas 3 di SD N 01 Gemiring Lor. Adapun sumber data primer dalam penelitian ini adalah guru kelas 3 , siswa kelas 3 SD N 01 Gemiring Lor.Sedangkan sumber data dalam penelitian ini didapatkan melalui dokumentasi , buku referensi , artkel , catatan peneliti serta data pendukung lainnya. Tehnik pengumpulan data berupa observasi , wawancara, dokumentasi dan pencatatan . Adapun data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan selama bulan November pada tanggal 4 November – 9 November 2021. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara yang dilakukan dengan informan penelitian. Teknik analisis data yang digunakan merupakan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pembelajaran daring di SD N 01 Gemiring Lor dalam kategori kurang peneliti memberikan solusi project based learning, ialah proses pembelajaran yang secara langsung melibatkan siswa untuk menghasilkan suatu proyek pada dasarnya model pembelajaran ini lebih mengembangkan keterampilan memecahkan dalam mengerjakan sebuah proyek yang dapat menghasilkan sesuatu dengan diberikan solusi project based learning bisa meningkatkan pembelajaran daring di SD N 01 Gemiring Lor. project based learning meningkatkan pembelajaran daring kelas 3 di SD N 01 Gemiring Lor Sebagai Berikut (a) siswa bisa meningkatkan pembelajaran daring melaui belajar kelompok, (b) siswa yang tidak memiliki handphone bisa bersama-sama dengan teman yang memiliki haandphone saat mengerjakan tugas secara kelompok, (c) siswa yang tidak paham bisa bertanya kepada temannya saat belajar kelompok berlansung.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: (1) Dra sumarwiyah, M.pd, kons (2) Mila Roysa, S.pd, M.pd
Kata Kunci: Penerapan Project Based Learning, Pembelajaran daring
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pengajaran (prinsip dan praktek)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 24 Mar 2022 03:10
Last Modified: 24 Mar 2022 03:10
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16117

Actions (login required)

View Item View Item