Pembentukan karakter tanggung jawab anak melalui pembelajaran daring

Anggraeni, Shinta Noor (2022) Pembentukan karakter tanggung jawab anak melalui pembelajaran daring. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (457kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Pembelajaran daring dapat merubah karakter anak untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembentukan karakter tanggung jawab yang diterapkan kepada anak dalam pembelajaran daring , dengan rumusan masalah bentuk dari karakter tanggung jawab anak melalui pembelajaran daring dan peran orang tua terhadap pembentukan karakter tanggung jawab anak melalui pembelajaran daring. Penelitian ini membahas tentang pembelajaran daring dan implikasinya terhadap pembentukan karakter tanggung jawab anak. Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang dilakukan secara jarak jauh atau pembelajaran dari rumah dengan bantuan media elektronik seperti email, video yang berisi materi yang dapat diakses oleh anak tanpa adanya batasan waktu dalam penyampaian materi. Pembelajaran daring dapat membentuk karakter tanggung jawab anak melalui perbagai macam kegiatan di dalamnya. Peran orang tua sangat penting untuk perkembangan karakter tangung jawab anak. Sejalan dengan pernyataan tersebut penelitian ini akan memperdalam bagaimana bentuk penerapan karakter tanggung jawab melalui pembelajaran daring. Peneliti ini menggunakan metode deskripsi kualitatif sebagai tahapan dalam melaksanakan penelitian. Penelitian ini dilaksanakan di Lingkungan Rt 01 Rw 02 Ds. Tendas Kecamatan Tayu Kabupaten Pati. Peneliti mengambil subjek penelitian orang tua dan anak. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data meliputi tahap observasi, wawancara, dokumentasi dan pencatatan. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskriptif kualitatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak di lingkungan RT 01 RW 02 sikap tanggung jawab yang terbentuk dalam pembelajaran daring yaitu mengumpulkan tugas secara tepat waktu, absen tepat waktu, mengerjakan tugas dengan baik dan mengerjakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab atau senang hati. Peran orang tua membentuk karakter tanggung jawab anak saat pembelajaran daring dengan pendampingan orang tua saat anak belajar di rumah, pengawasan dan mengarahkan anak untuk belajar dengan baik. Peneliti ini dapat membentuk tanggung jawab saat pembelajaran daring anak mengumpulkan tugas tepat waktu dan mengerjakan tugas dengan baik. Orang tua mendampingi anak dan mengarahkan anak saat pembelajaran daring bisa membentuk karakter anak saat belajar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: (I) Ika Ari Pratiwi, S.Pd., M.Pd. pembimbing (II) Sekar Dwi Ardianti, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Karakter Tanggung Jawab, Pembelajaran Daring
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pengajaran (prinsip dan praktek)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 24 Mar 2022 04:28
Last Modified: 24 Mar 2022 04:28
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16119

Actions (login required)

View Item View Item