Pengembangan model pembelajaran edutainment berbasis permainan tradisional untuk meningkatkan sosial emosional anak

PARMI, - (2022) Pengembangan model pembelajaran edutainment berbasis permainan tradisional untuk meningkatkan sosial emosional anak. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman  Depan]
Preview
Text (Halaman Depan)
HAL DEPAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (478kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (584kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (833kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (536kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan merumuskan kebutuhan, desain, kelayakan dan efektifitas model pembelajaran edutainment berbasis permainan tradisional untuk meningkatkan sosial emosional anak. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Research and Development. Subjek penelitian ini yaitu siswa siswa TK Negeri 1 Kaliori dan TK Rahayu Wiroto Kabupaten Rembang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan observasi dan wawan cara, sedangkan untuk analisis datanya mealuil uji validitas, reliabilitas, yang dilakukan dengan SPSS dengan tujuan untuk mengukur tingkat ketepatan instrumen tes kemampuan pemahaman konsep. Untuk uji kelayakan model pembelajaran melalui validasi ahli, pretest dan posttest, sedangkan uji efektivitas melalaui uji prasyarat yang menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian diperoleh bahwa 1) diperlukan model pembelajaran edutainment sesuai dengan analisis kebutuhan model pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi diketahui bahwa pembelajaran yang ada saat ini masih bersifat konvensional dan kurang menarik minat anak, 2)pengembangan model pembelajaran edutainment berbasis permainan tradisional diwujudkan dalam bentuk buku panduan. Buku panduan berisi mengenai petunjuk atau pedoman dalam melaksanakan pembelajaran edutainment, 3) model pembelajaran edutainment dinyatakan layak digunakan di TK N 1 Kaliori dan TK Rahayu Wiroto baik dari segi media maupun materi, 4) model pembelajaran edutainment efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional anak di TK N 1 Kaliori dan TK Rahayu Wiroto. Keefektifan model pembelajaran edutainment berdasarkan uji hipotesis dengan hasil thitung > ttabel. Berdasarkan hasil uji n-gain diperoleh hasil bahwa model pembelajaran dalam kategori cukup efektif.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1.Dr. Santoso,S.Pd.,M.Pd. Dosen Pembimbing 2.Dr. Muhammad Widjanarko,S.Psi,M.Si
Kata Kunci: edutainment, permainan, sosial-emosional anak
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 18 Dec 2022 19:04
Last Modified: 18 Dec 2022 19:04
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17342

Actions (login required)

View Item View Item