Raharjo, Trubus and Ahyani, Latifah Nur (2011) Identifikasi Kesulitan Belajar Pada Anak Pendidikan Usia Dini. Sosial dan Budaya, 4 (1). ISSN 1979-6889
Preview |
PDF (Artikel)
IDENTIFIKASI_KESULITAN_BELAJAR_PADA_ANAK.pdf - Published Version Download (175kB) |
Abstrak
ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi gangguan-gangguan belajar anak-anak pada pendidikan Anak Usia Dini. Gangguan belajar yang dihadapai anak dikelompokkan dalam 4 kriteria yaitu kematangan kognitif, perhatian rendah, hiperaktif, dan retardasi mental. Sampel penelitian ini adalah anak-anak usia dini yang dianggap mempunyai masalah dengan kesulitan belajar yang bersekolah di PAUD atau TK di kabupaten Kudus yang diambil secara acak. Adapaun sekolah PAUD atau TK yang menjadi tempat penelitian sebanyak 7 PAUD atau TK. Hasil penelitian yang dilakukan dengan melakukan observasi untuk mengidentifikasi kesulitan belajar pada anak-anak usia dini dari 22 anak diperoleh hasil bahwa anak yang mengalami masalah kematangan kognitif sebanyak 6 anak, hiperaktif sebanyak 6 anak, masalah kematangan kognitif dan perhatian yang rendah sebanyak 10 anak, dan tidak ada yang mengalami retardasi mental.
Item Type: | Article |
---|---|
Kata Kunci: | Kesulitan Belajar, Anak Usia Dini |
Subjects: | Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi > Psikologi > Psikologi perkembangan. Meliputi psikologi perkembanga bayi, anak, remaja, dewasa lanjut usia. Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Psikologi pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Psikologi > Ilmu Psikologi (S1) |
Depositing User: | Users 388 not found. |
Date Deposited: | 14 May 2012 04:35 |
Last Modified: | 14 May 2012 04:35 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/183 |
Actions (login required)
View Item |