Hubungan antara harga diri dan regulasi diri dengan adiksi game online pada remaja

UMARDANI, MUHAMMAD (2024) Hubungan antara harga diri dan regulasi diri dengan adiksi game online pada remaja. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (532kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (292kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (292kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (149kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (978kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAN] Text (SURAT PERNYATAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy

Abstrak

Kemajuan teknologi, khususnya game online, menjadi hal yang hampir tidak dapat terpisahkan dalam kehidupan remaja di zaman digital sekarang. Adiksi game online pada remaja menjadi masalah serius, yang bisa berdampak buruk pada kesehatan pikiran, prestasi sekolah, dan hubungan sosial remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris hubungan antara harga diri dan regulasi diri dengan adiksi game online pada remaja. Partisipan penelitian yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 300 remaja laki-laki/perempuan yang berusia 15-21 tahun. Data diperoleh dengan teknik quota sampling dan alat yang digunakan untuk memperoleh data dengan menggunakan skala adiksi game online, skala harga diri, dan skala regulasi diri. Hasil koefisien korelasi dari ketiga variabel rx12y sebesar 0,201 dengan taraf signifikansi (p) sebesar 0,065 (p<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis mayor yang diajukan ditolak, dimana harga diri (X1) dan regulasi diri (X2) tidak ada hubungan dengan adiksi game online (Y). Hasil analisis harga diri (X1) dengan adiksi game online (Y) diperoleh rx1y sebesar -0,198 dengan tingkat signifikasi (p) sebesar 0,011 (p<0,05) dengan sumbangan efektif 3,9%. Hal ini menunjukkan adanya hubungan negatif yang signifikan antara harga diri dengan adiksi game online, dengan demikian hipotesis minor pertama yang diajukan diterima. Hasil analisis variabel regulasi diri (X2) dengan adiksi game online (Y) diperoleh rx2y sebesar -0,101 dengan tingkat signifikasi (p) sebesar 0,122 (p<0,05). Hal ini menunjukkan tidak ada hubungan antara regulasi diri dengan adiksi game online, dengan demikian hipotesis kedua yang diajukan ditolak.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Ibu Fajar Kawuryan, S,Psi., M.Si
Kata Kunci: adiksi game online, harga diri, regulasi diri
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi
Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi > Psikologi > Filsafat. Filosofi. Hubungan dengan topik lain
Program Studi: Fakultas Psikologi > Ilmu Psikologi (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 28 Aug 2024 00:33
Last Modified: 28 Aug 2024 00:33
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/22299

Actions (login required)

View Item View Item