PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KOPERASI SISWA KELAS IV SD 3 KARANGBENER KUDUS

Kusumastuti, Febrierri (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KOPERASI SISWA KELAS IV SD 3 KARANGBENER KUDUS. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal Sampul]
Preview
PDF (Hal Sampul)
COVER.pdf - Accepted Version

Download (402kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (117kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstrak

Masalah yang menjadi latar belakang dilaksanakannya penelitian ini adalah rendahnya nilai hasil belajar siswa yang disebabkan karena kurangnya motivasi belajar untuk menguasai materi IPS, dalam proses pembelajaran guru banyak menerapkan metode ceramah dan kegiatan pembelajaran yang menitik beratkan pada penguasaan materi dengan metode menghafal. Kondisi itu berdampak siswa menganggap bahwa IPS itu sulit karena banyak hafalan, sehingga mengakibatkan siswa malas dalam mengikuti proses pembelajaran IPS. Berdasarkan keadaan ini, penelitian tindakan kelas dilakukan dengan rumusan masalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran snowball throwing dan apakah model Pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi Koperasi pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 03 Tahun pelajaran 2012/2013 Karangbener Kecamatan Bae Kabupaten Kudus. Tujuan penelitian mendeskripsikan penerapan model pembelajaran snowball throwing dan menemukan peningkatkan hasil belajar IPS materi Koperasi dengan diterapkannya model pembelajaran snowball throwing untuk meningkatkan pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 03 Karangbener Kecamatan Bae Kabupaten Kudus. Manfaat penelitian secara teoritis penelitian ini dapat menambah pemahaman terhadap pendekatan teori dan strategi pembelajaran melalui model pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar IPS. Model pembelajaran snowball throwing adalah model pembelajaran yang menggali potensi kepemimpinan siswa dalam kelompok dan ketrampilan membuat, menjawab pertanyaan yang dipadukan melalui suatu permainan imajinatif membentuk dan melempar bola salju. Pelajaran IPS adalah merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan mulai dari SD/MI/SDLB sampai SMP/MTs/SMPLB. Materi kopersi adalah Materi yang harus dikuasai siswa SD yang masuk ke dalam Standar Kompetensi Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi pada dokumen KTSP. Kerangka berfikir penelitian ini adalah siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami pelajaran IPS. Hipotesis penelitian yang peneliti ajukan adalah Penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi Koperasi pada siswa kelas IV Tahun pelajaran 2012/2013 SD 03 Karangbener Kecamatan Bae Kabupaten Kudus. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan 2 siklus dalam satu siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan dengan alokasi 9x45 menit yang dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 03 Karangbener dengan mengambil data melalui pengamatan dan tes. Tahapan pelaksanaan PTK mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengamatan (observasi), dan refleksi. Hasil penelitian pengunaan model pembelajaran snowball throwing menunjukan bahwa hasil dari prasiklus 59,10%, dan siklus I sebesar 72,72% siklus II mencapai 95,45%. Aktivitas guru dan siswa juga mengalami peningkatan dalam proses pembelajaran. Aktivitas guru pada siklus I memperoleh persentase 67,9% dan siklus II persentase 83,68% terjadi peningkatan sebesar 15,79%, dengan kategori sangat tinggi. Aktivitas belajar siswa siklus I memperoleh persentase 70,5% dan siklus II 84,5% dengan kriteria sangat baik, terjadi peningkatan sebesar 14% sehingga keduanya dikategorikan Sangat Tinggi. Kesimpulan penelitian ini yaitu setelah mengunakan model pembelajaran snowball throwing hasil belajar siswa meningkat dan pencapaian nilai KKM berhasil dengan baik, ini berarti pengunaan model pembelajaran snowball throwing dalam pembelajaran IPS memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap peningkatan hasil belajar dan pemahaman siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Penulis menyarankan bagi guru-guru Sekolah Dasar dalam melaksanakan pembelajaran sebaiknya mengunakan metode pembelajaran yang sesuai agar siswa lebih paham dan pembelajaran lebih efektif dan menyenangkan, guru dapat menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing untuk menambah variasi strategi pembelajaran dan melaksanakan pembelajaran sesuai kurikulum, guru hendaknya menyajikan materi pembelajaran dengan cara yang lebih menarik agar dapat menimbulkan minat belajar siswa. Penulis menyarakan bagi siswa agar mempunyai kesadaran dan motivasi dalam belajar untuk kepentingan diri siswa sendiri, siswa hendaknya selalu aktif dan antusias mengikuti pembelajaran karena dengan aktif dan antusias berarti siswa memiliki minat yang tinggi terhadap pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi berhasil dan bagi peneliti lain diharapkan mampu memicu berkembangnya penelitian-penelitian lain yang lebih kreatif dan inovatif, khususnya terhadap pembelajaran IPS

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: pembimbing 1:Dr. Murtono, M.Pd., pembimbing 2:Ika Oktavianti, S.Pd, MPd.
Kata Kunci: Pembelajaran Snowball Throwing, hasil belajar IPS
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 10 Apr 2014 04:11
Last Modified: 10 Apr 2014 04:11
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2680

Actions (login required)

View Item View Item