PENINGKATAN KETERAMPILAN BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI PELATIHAN PRAKTEK SEBAYA

Sucipto, - (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI PELATIHAN PRAKTEK SEBAYA. [Experiment] (Submitted)

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
JUDUL_PENELITIAN.pdf - Accepted Version

Download (192kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_1.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (290kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (490kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (86kB) | Request a copy

Abstrak

Latar belakang penelitian adalah keterampilan mahasiswa dalam bimbingan kelompok masih rendah. Hal ini disebabkan metode perkuliahan masih diselenggarakan secara teoritis, dan seandainya praktik, maka mahasiswa belum diberi kesempatan menjadi pemimpin kelompok. Figur dosen masih melekat kuat untuk menjadi pemimpin kelompok. Rumusan masalah adalah bagaimana menerapkan pelatihan praktik sebaya untuk meningkatkan keterampilan melaksanakan layanan bimbingan kelompok bagi mahasiswa Prodi BK Universitas Muria Kudus? Tujuan penelitian adalah membantu mahasiswa meningkatkan ketrampilan melaksanakan layanan bimbingan kelompok dengan pelatihan praktek sebaya. Hipotesis penelitian adalah “Keterampilan bimbingan kelompok mahasiswa prodi bimbingan dan konseling FKIP Universitas Mahasiswa Muria Kudus Tahun Akademik 2010/2011 dapat ditingkatkan melalui pelatihan teman sebaya”. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan bimbingan dan konseling melalui 2 siklus. Subjek adalah mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling FKIP UMK. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pelatihan teman sebaya, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah keterampilan bimbingan kelompok. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis data deskriptif persentase dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan dosen dalam memberikan pelatihan sebaya bimbingan kelompok dari taraf baik (73%) pada siklus I menjadi sangat baik (86%) pada siklus II. Sementara keterampilan bimbingan kelompok mahasiswa pada kategori kurang (46%) pada siklusI menjadi baik (74%) pada siklus II, artinya mahasiswa menguasai dalam melaksanakan tahapan dan aspek-aspek secara utuh dan runtut dalam memimpin bimbingan kelompok serta mampu menjadi fasilitator secara mantap. Dosen senantiasa mengadakan up grade pengetahuan dan keterampilan melaksanakan bimbingan kelompok teman sebaya setiap saat untuk kebutuhan perkuliahan maupun menghadapi situasi nyata yang memerlukan layanan bimbingan kelompok. Bagi peneliti berikutnya agar memberikan perhatian serius terhadap aktivitas mahasiswa saat menjadi pemimpin kelompok dan segera memberikan feedback pada setiap tahapan. Peneliti harus segera meminta mahasiswa melakukan perbaikan.

Item Type: Experiment
Kata Kunci: Pelatihan praktik sebaya; keterampilan bimbingan kelompok.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 18 Aug 2014 08:02
Last Modified: 18 Aug 2014 08:02
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3183

Actions (login required)

View Item View Item