PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING SISWA KELAS IV SD N 2 GEMIRING KIDUL

USWATUN HASANAH, DIAN (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING SISWA KELAS IV SD N 2 GEMIRING KIDUL. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
Hal_Judul.pdf - Accepted Version

Download (468kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (145kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (650kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (160kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (138kB)
[thumbnail of Lampiran]
Preview
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version

Download (3MB)
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Proses pembelajaran yang kurang berhasil dapat menyebabkan siswa kurang berminat untuk belajar. Minat belajar siswa yang rendah ditunjukkan dari kurangnya aktivitas belajar, interaksi dalam proses pembelajaran dan persiapan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Guru harus bijaksana dalam mengembangkan kemampuan berfikir siswa, melibatkan peran aktif siswa dan berorientasi pada masalah- masalah kontekstual sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan model Quantum Teaching dengan langkah- langkah TANDUR (Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi) dalam meningkatkan hasil belajar matematika materi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan pada siswa kelas IV SDN 2 Gemiring Kidul Nalumsari Jepara. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SDN 2 Gemiring Kidul dengan subjek penelitian ini adalah 23 siswa kelas IV. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, perlakuan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data penelitian dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan nilai hasil belajar matematika siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan yang cukup signifikan antara prasiklus (65%), siklus I (82 %), dan siklus II (91 %) dan di dukung dengan peningkatan aktivitas belajar matematika siswa dari skor rata-rata siklus I 68% (baik) menjadi 70% (baik) di siklus II. Pengelolaan pembelajaran Quantum Teaching juga mengalami peningkatan dari skor rata- rata siklus I 78% (baik) menjadi 87% (sangat baik) pada siklus II. Hal itu membuktikan bahwa penerapan model Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi penjumlahan dan pengurangan pecahan pada siswa kelas IV SD N 2 Gemiring Kidul. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SDN 2 Gemiring Kidul dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi penjumlahan dan pengurangan pecahan pada siswa kelas IV SDN 2 Gemiring Kidul. Secara dari penelitian ini diharapkan guru dapat menerapkan model Quantum Teaching sebagai salah satu alternatif solusi dalam mengatasi permasalahan- permasalahan pembelajaran matematika di kelas.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Kata Kunci: Quantum Teaching, Hasil Belajar Matematika, Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
Date Deposited: 08 Nov 2014 02:59
Last Modified: 08 Nov 2014 02:59
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3530

Actions (login required)

View Item View Item