PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SISWA KELAS IV SDN 01 COLO TAHUN PELAJARAN 2013/2014

NOR WAHYU, WIDYASTUTI (2014) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SISWA KELAS IV SDN 01 COLO TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (937kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (667kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (111kB)
[thumbnail of Lampiran]
Preview
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version

Download (5MB)
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi kualitas pembelajaran IPS yang rendah, hal ini dikarenakan pada saat proses pembelajaran guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional dengan cirri khasnya menggunakan metode ceramah. Proses pembelajaran yang dilaksanakan guru tersebut mengakibatkan siswa menjadi tidak tertarik dengan pembelajaran IPS dan akhirnya menjadikan siswa menjadi siswa pasif dan berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran diperlukan strategi pembelajaran yang tepat, salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan aktifitas belajar IPS siswa kelas IV materi keragaman sosial dan budaya berdasarkan kenampakan alam melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw serta mengetahui pengelolaan pembelajaran IPS menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw. Model cooperative learning tipe jigsaw adalah salah satu tipe model pembelajaran kooperatif yang terdiri dari tim–tim belajar yang heterogen beranggotakan 4–5 orang peserta didik dan setiap peserta didik bertanggung jawab atas penguasaan bagian materi belajar dan mampu mengajarkan bagian materi tersebut kepada anggota tim yang lain, dan di akhir pembelajaran peserta didik mengerjakan kuis. Kooperatif tipe Jigsaw didesain untuk meningkatkan rasa tanggung jawab peserta didik terhadap pembelajarannya sendiri dan juga pembelajaran orang lain. Peserta didik tidak hanya mempelajari materi yang diberikan, tetapi mereka juga harus siap memberikan dan mengajarkan materi tersebut pada anggota kelompoknya. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 1 Colo. Penelitian ini dilaksanakan dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, dokumentasi dan catatan lapangan. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar, aktivitas belajar, dan keterampilan pengelolaan pembelajaran yang signifikan. Pada siklus I ketuntasan klasikal sebesar 62,5% dengan rata-rata 79,4 dan pada siklus II meningkat menjadi 91,7% dengan rata-rata 82,04. Aktivitas belajar siswa secara klasikal pada siklus I mendapat rata-rata 1,95 dengan kategori cukup baik meningkat pada siklus II menjadi 2,7 dengan kategori baik. Keterampilan guru juga mengalami peningkatan, siklus I mendapatkan rata-rata 2,2 dengan kategori cukup baik, pada siklus II meningkat menjadi 3,15 dengan kriteria baik. Simpulan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa, aktivitas belajar siswa, serta keterampilan guru dalam pembelajaran. Saran dalam penelitian ini diharapkan para peneliti selanjutnya dapat mengembangkan penelitian untuk menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw maupun model pembelajaran yang lain serta media lain sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Kata Kunci: Kualitas Pembelajaran, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
Date Deposited: 15 Nov 2014 03:29
Last Modified: 15 Nov 2014 03:29
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3584

Actions (login required)

View Item View Item