PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS 1V SD 7 BULUNG CANGKRING TERHADAP MASALAH SOSIAL DI LINGKUNGAN SEKITAR

KHOIRUL AMAL, MUHAMMAD (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS 1V SD 7 BULUNG CANGKRING TERHADAP MASALAH SOSIAL DI LINGKUNGAN SEKITAR. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul] PDF (Hal. Judul)
Hal_Judul.pdf - Accepted Version

Download (639kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_1.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] PDF (Daftar Pustaka)
dapus.pdf - Accepted Version

Download (152kB)
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi indikasi hasil belajar IPS siswa belum tuntas mencapai 57,7 yang terdapat pada siswa kelas IV SD Bulungcangkring 7 Kudus. Penyebab rendahnya hasil belajar IPS disebabkan diantaranya pembelajaran berpusat pada guru. Model pembelajaran inkuiri diharapkan dapat membantu meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimana penerapan model pembelajaran inkuiri berbantuan media gambar dalam meningkatkan keterampilan guru pada pembelajaran siswa kelas IV SD 7 Bulung cangkring terhadap masalah sosial dilingkungan sekitar ? (2) bagaimana penerapan model pembelajaran inkuiri berbantuan media gambar dalam meningkatkan aktifitas belajar IPS pada siswa kelas IV SD 7 Bulung cangkring terhadap masalah sosial di lingkungan sekolah ? (3) bagaimana penerapan model pembelajaran inkuiri berbantuan media gambar dalam meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD 7 Bulung cangkring terhadap masalah sosial di lingkungan sekitar. Tujuan dilaksanakan penelitian ini ialah (1) menemukan peningkatan hasil belajar dengan diterapkannya model pembelajara inkuiri berbantuan media gambar dalam meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD 7 Bulung cangkring terhadap masalah sosial di lingkungan sekitar (2) Mendeskripsikan aktifitas siswa dengan diterapkannya model pembelajaran inkuiri berbantuan media gambar dalam meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD 7 Bulung cangkring terhadap masalah sosial di lingkungan sekitar (3) Mendeskripsikan keterampilan dalam mengelola pembelajaran dengan diterapkannya model pembelajaran inkuiri berbantuan media gambar dalam meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD 7 Bulung cangkring terhadap masalah sosial dilingkungan sekitar. Model inkuiri menurut Usman (dalam Kitri, 2010: 88) Inkuiri merupakan suatu rangkaian kegiatan belajar yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan siswa untuk mencari dan menyelidiki tentang alam sekitar secara kritis sehingga mereka dapat merumuskan penemuan dengan penuh percaya diri.. Ilmu pengetahuan Sosial sebagai sebuah mata pelajaran integrasi dari mata pelajaran Sejarah, Geografi, dan Ekonomi serta mata pelajaran lainnya. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini desain model PTK Stephen Kemmis dan Robin Mc Taggart dengan langkah : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Pengumpulan data observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian siklus I pengelolaan pembelajaran guru mencapai persentase ketuntasan 47,5% dengan kriteria “cukup” dan mengalami peningkatan siklus II menjadi 85% dengan kriteria “sangat baik”. Hasil belajar IPS siswa ranah kognitif pada siklus I 71,42% dan pada siklus II meningkat menjadi 80%. Hasil belajar IPS ranah afektif siswa siklus I mencapai persentase 90% dengan kriteria “baik” dan siklus II meningkat menjadi 96% dengan kriteria “sangat baik”. Hasil belajar IPS ranah psikomotorik siswa siklus I 82% dengan kriteria “sangat baik” dan siklus II meningkat menjadi 96% dengan kriteria “sangat baik”. Simpulan pada penelitian ini yakni dengan menggunakan model CTL dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa baik dari ranah kognitif, afektif maupun psikomotorik siswa kelas IV SD 7 Bulungcangkring Kudus tahun 2013/2014. Penelitian ini dinyatakan berhasil dengan indicator yang telah ditetapkan. Saran untuk guru dalam pembelajaran guru harus kratif dalam menciptakan KBM yang kondusif dan tidak membosankan, dimana guru mengaitkan materi dengan dunia nyata siswa. Untuk siswa hendaknya aktif dalam pembelajaran dan kerjasama siswa dalam setiap kelompok perlu.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Kata Kunci: Hasil Belajar IPS ,Inkuiri, Media Gambar, Masalah Sosial.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
Date Deposited: 27 Nov 2014 03:58
Last Modified: 27 Nov 2014 03:58
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3701

Actions (login required)

View Item View Item