PENERAPAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI JARING-JARING BANGUN RUANG KELAS V SEMESTER 2 SD 7 HADIPOLO KUDUS

ISTIQOMAH, - (2014) PENERAPAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI JARING-JARING BANGUN RUANG KELAS V SEMESTER 2 SD 7 HADIPOLO KUDUS. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (570kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (121kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (138kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (91kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (97kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD 7 Hadipolo Kudus dari hasil observasi yang telah dilakukan. Hal tersebut dikarenakan guru hanya menggunakan ceramah sebagai metode mengajar dan selalu memberikan soal sehingga siswa kurang aktif dan lama kelamaan siswa menjadi bosan dan bahkan benci dengan matematika. Solusi pemecahan masalah tersebut adalah dengan menerapkan pendekatan Realistic Mathematics Education yang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menentukan jaring-jaring bangun ruang dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V SD 7 Hadipolo tahun pelajaran 2013/2014 pada materi jaring-jaring bangun ruang melalui pendekatan Realistic Mathematics Education, (2) mendiskripsikan kemampuan peneliti dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan pendekatan Realistic Mathematics Education pada materi jaring-jaring bangun ruang di kelas V SD 7 Hadipolo. Pendekatan Realistic Mathematics Education adalah pendekatan pembelajaran yang menggunakan konteks realita dalam menyelesaikan suatu permasalahan dengan langkah kegiatan yaitu: (1) orientasi masalah kontekstual, (2) penggunaan model sebagai jembatan antara real dan abstrak, (3) pembuatan pondasi ke tahap matematika formal, dan (4) penarikan kesimpulan. Materi yang digunakan pada penelitian ini adalah jaring-jaring bangun ruang. Jaring-jaring bangun ruang adalah gabungan dari bentuk datar yang apabila rusuk-rusuknya dihimpitkan akan menjadi sebuah bangun ruang. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, setiap siklus terdiri 4 tahapan yaitu: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD 7 Hadipolo Kudus yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Hasil belajar kognitif siswa siklus I memperoleh rata-rata 70,64 dengan persentase 76% dan siklus II mengalami peningkatan menjadi 77,5 dengan persentase 88%. Hasil belajar afektif siswa siklus I memperoleh skor rata-rata 2,63 dengan kategori “baik” dan siklus II meningkat menjadi 3,05 dengan kategori “baik”. Hasil belajar psikomotorik siswa siklus I memperoleh skor rata-rata 2,7 dengan kategori “baik” dan siklus II meningkat menjadi 3,02 dengan kategori “baik”. Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran siklus I memperoleh skor rata-rata 2,75 dengan kategori “baik” dan siklus II mengalami peningkatan menjadi 3,3 dengan kategori “sangat baik”. Simpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa, dan keterampilan guru di kelas V SD 7 Hadipolo Kudus tahun pelajaran 2013/2014 pada materi jaring-jaring berbagai bangun ruang. Saran untuk guru, diharapkan pendekatan Realistic Mathematics Education bisa dijadikan refrensi dalam memilih model pembelajaran. Siswa hendaknya menumbuhkan motivasi intrinsiknya agar menjadi lebih bersemangat dan menjadi aktif di kelas. Tahap orientasi masalah diharapkan peneliti berikutnya memberikan masalah realistik yang ada di sekitar siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Realistic Mathematics Education (RME), Jaring-jaring Bangun Ruang.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 18 Dec 2014 04:34
Last Modified: 18 Dec 2014 04:34
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3752

Actions (login required)

View Item View Item