PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN PKn UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SD 1 PRAMBATAN KIDULKUDUS TAHUN PELAJARAN 2013/2014

FITRIANA, CAHAYA (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN PKn UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SD 1 PRAMBATAN KIDULKUDUS TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (356kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (96kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (263kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (133kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (79kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (39kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

PenelitianinidilatarbelakangiadanyapermasalahanhasilbelajarPKnsiswa yang rendah.Ditandaidenganbanyaknyasiswa (54,55%) tidaktuntasdariKriteriaKetuntasan Minimal (75) yang telahditentukan. Rumusanmasalah: (1)Bagaimanapenerapan model role playing dapatmeningkatkanketerampilan guru di kelas VI SD 1 PrambatanKidul Kudus tahunpelajaran 2013/2014? (2) Bagaimanapenerapan model role playing dapatmeningkatkanaktivitasbelajarPKnsiswakelas VI SD 1 PrambatanKidul Kudus tahunpelajaran 2013/2014? (3)Bagaimanapenerapan model role playing dapatmeningkatkanhasilbelajarPKnsiswakelas VI SD 1 PrambatanKidul Kudus tahunpelajaran 2013/2014?.Tujuan: (1) untukmengetahui peningkatanketerampilan guru di kelas VI SD 1 Prambatan Kidul Kudus tahun pelajaran 2013/2014 melalui penerapan model role playing, (2) untukmengetahui peningkatanaktivitasbelajar PKn siswa kelas VI SD 1 Prambatan Kidul Kudus tahun pelajaran 2013/2014 melalui penerapan model role playing, (3) untukmengetahui peningkatanhasil belajar PKn siswa kelas VI SD 1 Prambatan Kidul Kudus tahun pelajaran 2013/2014 melalui penerapan model role playing. Model pembelajaranrole playing adalah suatu cara penguasaan bahan-bahan pelajaran melalui pengembangan imajinasi dan penghayatan siswa.Hipotesistindakannyaadalah (1)penerapan model role playingdapatmeningkatkanketerampilan guru di kelas VI SD 1 PrambatanKidul Kudus TahunPelajaran 2013/2014, (2) penerapan model role playingdapatmeningkatkanaktivitasbelajarPKnsiswakelas VI SD 1 PrambatanKidul Kudus TahunPelajaran 2013/2014, (3) penerapan model role playingdapatmeningkatkanhasilbelajarPKnsiswakelas VI SD 1 PrambatanKidul Kudus TahunPelajaran 2013/2014. Penelitiantindakankelasinidilaksanakandalamduasiklus.Setiapsiklusterdiridariempattahapyaituperencanaan, pelaksanaantindakan, pengamatandanrefleksi.Data diperolehmenggunakanteknikwawancara,tes, observasidandokumentasi. Hasilpenelitianmenunjukkan (1) skor rata-rata keterampilan guru dalampengelolaankegiatanpembelajarandenganmenggunakan model pembelajaranrole playing memperolehskor rata-rata 67,70%dengankategoribaikpadasiklus I danmeningkatmenjadi 86,45%dengankategorisangatbaikpadasiklus II. (2) skor rata-rata aktivitasbelajarsiswaaspekafektif 67,95% dengankategoribaikpadasiklus I danmeningkatmenjadi 89,08% dengankategorisangatbaikpadasiklus II.Skor rata-rata aktivitasbelajarsiswaaspekpsikomotorik 67,32% dengankategoribaikpadasiklus I danmeningkatmenjadi 79,54% dengankategorisangatbaikpadasiklus II.Sehinggaskor rata-rata aktivitasbelajarsiswasecarakeseluruhan 67,63% dengankategoribaikpadasiklus I danmeningkatmenjadi 85% dengankategorisangatbaikpadasiklus II. (3) nilaiteshasilbelajarmencapaikriteriaketuntasan minimal (75) persentaseketuntasanbelajarklasikalpadakondisiawal 54,55% meningkatpadasiklus I menjadi 72,73% dan 90,91% padasiklus II. Dapatdisimpulkanbahwapenerapan model pembelajaranrole playing dapatmeningkatkanketerampilan guru, aktivitasbelajarsiswadanhasilbelajarsiswa.Saran penelitidalammenerapkan model pembelajaranrole playing sebaiknyaguru benar-benarmendalami model yang digunakan, memilih media yang sesuaidanmerencanakankegiatanpembelajarandenganbaik.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Kata Kunci: Hasil Belajar PKn,Role Playing
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 13 Jan 2015 04:29
Last Modified: 13 Jan 2015 04:29
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3881

Actions (login required)

View Item View Item