UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK HOMEROOM

SISWANTO, HERI (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK HOMEROOM. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
halaman_judul.pdf - Accepted Version

Download (648kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
bab_1.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (81kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
bab_2.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (148kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
bab_3.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (148kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
bab_4.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
bab_5.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (88kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
bab_6.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (70kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (64kB)
[thumbnail of Lampiran]
Preview
PDF (Lampiran)
Lampiran_full.pdf - Accepted Version

Download (2MB)
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan interaksi sosial siswa kelas XI TKJ A SMK Mamba’ul Falah Dawe Kudus.Hal tersebut ditunjukkan dengan sebagian siswa dalam berinteraksi sosial masih kurang baik, sebagian siswa masih melakukan perbuatan-perbuatan yang menyimpang seperti berbohong, bicara kotor, pergi tanpa izin, membantah orang yang lebih tua, siswa belum mengetahui dampak dari interaksi sosial yang kurang baik, dan lain-lain.Data awal hasil observasi pra siklus terhadap kemampuan interaksi sosial siswa memperoleh skor sebanyak 35% dalam kriteria kurang. Berdasarkan masalah tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana kemampuan interaksi sosial pada siswa Kelas XI TKJ A SMK Mamba’ul Falah dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik homeroom?.Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan interaksi sosial siswa sebelum dan sesudah layanan dan untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan kelompok dengan teknik homeroom dalam meningkatkan kemampuan interaksi sosial pada siswa kelas XI TKJ A SMK Mamba’ul Falah tahun ajaran 2013/2014. Interaksi sosial merupakan hubungan antara individu satu dengan individu lain yang saling mempengaruhi, mengubah, dan memperbaiki perilaku individu/kelompok dengan individu/kelompok yang lain. Bimbingan kelompok dengan teknik homeroom adalah bimbingan yang diberikan kepada anggota kelompok dengan memanfaatkan situasi keakraban dan kekeluargaan untuk membantu siswa mengatasi permasalahan interaksi sosialnya.Tahap-tahap layanan bimbingan kelompok dengan teknik homeroom (1) pembentukan, (2) peralihan (3) kegiatan, (4) penyimpulan dan (5) penutupan. hipotesis tindakan penelitian ini yaitu penerapan layanan bimbingan kelompok dengan teknik homeroom dapat meningkatkan interaksi sosial siswa kelas XI TKJ SMK Mamba’ul Falah tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas desain Kemmis & Mc Taggartyang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan tiga kali pertemuan setiap siklusnya.Subjek penelitiannya yaitu siswa kelas XI TKJ A SMK Mamba’ul Falah Dawe Kudus yang dilaksanakan pada bulan Mei2014.Metode pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi.Instrumen yang digunakan berupa pedoman wawancara dan lembar observasi.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik homeroomterhadap kemampuan interaksi sosial siswakelas XI TKJ A SMK Mamba’ul Falah Dawe Kudusmenunjukkan peningkatan kemampuan interaksi sosial.Kemampuan interaksi sosial siswa siswa pra siklus sebesar 35% dengan kriteria kurang, meningkat pada siklus I menjadi 61,2% dengan kriteria cukup, dan pada siklus II meningkat menjadi 80,9% dengan criteria baik. Simpulan pada penelitian ini ialah dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik homeroom dapat meningkatkan kemampuan interaksi sosial siswa.Saran dalam penelitian hendaknya siswa bisa lebih bersemangat dan tertib dalam mengikuti layanan bimbingan kelompok dengan teknik homeroomdan dapat dijadikan alternatif solusi bagi guru BK untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd.
Kata Kunci: Interaksi Sosial, Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Homeroom.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
Date Deposited: 20 Jan 2015 01:48
Last Modified: 20 Jan 2015 01:48
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3929

Actions (login required)

View Item View Item