PENERAPAN MODEL ROLE PLAYING UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN KENAMPAKAN BUMI DAN BENDA LANGIT KELAS IV SDN 4 CRANGGANG DAWE KUDUS

KONIKATUN, . (2014) PENERAPAN MODEL ROLE PLAYING UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN KENAMPAKAN BUMI DAN BENDA LANGIT KELAS IV SDN 4 CRANGGANG DAWE KUDUS. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
Halaman_Depan.pdf - Accepted Version

Download (593kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
bab1.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
bab2.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (544kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
bab3.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (450kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
bab4.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (681kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
bab5.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
bab6.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf - Accepted Version

Download (246kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
lampiranku_ok.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan karena rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 4 Cranggang Dawe Kudus yang diperoleh dari nilai ulangan tengah semester I, dari 27 siswa yang mencapai KKM (73) hanya 10 siswa (37,04%) sedangkan 17 siswa (62,96%) belum mencapai KKM. Berdasarkan observasi yang dilakukan rendahnya hasil belajar siswa dikarenakan guru kurang menggunakan model pembelajaran yang bervariasi. Penelitian ini bertujuan (1) untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi perubahan kenampakan bumi dan benda langit kelas IV SDN 4 Cranggang Dawe Kudus dengan diterapkannya model Role Playing, dan (2) mendeskripsikan keterampilan guru menerapkan model Role Playing dalam pembelajaran IPA materi perubahan kenampakan bumi dan benda langit kelas IV SDN 4 Cranggang Dawe Kudus. Model Role Playing adalah suatu cara penguasaan bahan-bahan pelajaran melalui peran-peran yang ada di kehidupan nyata ke dalam suatu pertunjukkan yang dapat mengembangkan imajinasi dan penghayatan yang dilakukan siswa dengan memerankannya sebagai tokoh. Hasil belajar IPA dalam penelitian ini yaitu hasil belajar dari aspek kognitif, afektif dan psikomotor pada materi perubahan kenampakan bumi dan benda langit. Hasil belajar aspek kognitif dilihat dari hasil tes siswa tentang materi perubahan kenampakan bumi dan benda langit, sedangkan aspek afektif dilihat pada proses permainan peran dan aspek psikomotor dilihat dari proses siswa melakukan percobaan bersama kelompok dalam mendiskusikan lembar kerja siswa (LKS). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahapan yakni perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 4 Cranggang Dawe Kudus. Jumlah siswa sebnyak 27 orang, terdiri dari 10 siswa putra dan 17 siswa putri. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Untuk analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kuntitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model Role Playing pada proses pembelajaran IPA materi perubahan kenampakan bumi dan benda langit, dapat (1) meningkatkan hasil belajar aspek kognitif, afektif dan psikomotorik siswa. Pada aspek kognitif prasiklus menunjukkan nilai rata-rata sebesar 63,04 dengan persentase ketuntasan 37,04%, siklus I menunjukkan nilai rata-rata sebesar 73,18 dengan persentase ketuntasan 70,37%, pada siklus II hasil belajar IPA aspek kognitif meningkat dengan rata-rata nilai sebesar 82,52 dengan persentase ketuntasan 85,18%. Hasil belajar aspek afektif siklus I dan siklus II mengalami peningkatan dari rata-rata persentase 67,36% dengan kriteria “baik” pada siklus I meningkat menjadi 77,66% dengan kriteria “baik” pada siklus II. Kemudian hasil belajar aspek psikomotorik pada penelitian ini juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu dari rata-rata persentase sebesar 63,89% dengan kriteria “cukup” meningkat menjadi 82,98% dengan kriteria “baik”, (2) hasil pengamatan keterampilan guru dalam proses pembelajaran pada siklus I memperoleh persentase 68,74% dengan kriteria “baik” meningkat pada siklus II menjadi 81, 24% dengan kriteria “baik”. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA materi perubahan kenampakan bumi dan benda langit kelas IV SDN 4 Cranggang Dawe Kudus dapat meningkat setelah diterapkannya model Role Playing. Adapun saran yang diberikan yaitu guru harus menggunakan model pembelajaran yang bervariasi khususnya pada pelajaran IPA seperti model Role Playing.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd
Kata Kunci: Model Role Playing, Hasil Belajar IPA.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
Date Deposited: 22 Jan 2015 08:01
Last Modified: 22 Jan 2015 08:01
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3948

Actions (login required)

View Item View Item