UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MANAJEMEN DIRI MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK SELF INSTRUCTION

DEWA SAKTI, DARU (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MANAJEMEN DIRI MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK SELF INSTRUCTION. Update Test thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.

[thumbnail of Hal.Judul]
Preview
PDF (Hal.Judul)
Halaman_Depan.pdf - Accepted Version

Download (674kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_1.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_2.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_3.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (550kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_4.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_5.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_6.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (110kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan yang ada di SMK NU Ma’arif Kudus berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan konselor diperoleh bahwa kemampuan manajemen diri siswa masih rendah. Gejala rendahnya kemampuan manajemen diri di tunjukan dengan sebagian besar siswa terlihat masih banyak yang terlambat semangat dalam beraktifitas, kurang percaya diri, kurang dapat mengatur waktu dengan baik, kurang memiliki sopan santun, kurang sopan dalam berbicara, kurang optimis dalam belajar di sekolah, kurang tegas dalam mengambil keputusan, kurang tertib dalam mengikuti pembelajaran, kurang berpakaian rapi di sekolah, dan kurang mentaati peraturan sekolah. Sehingga peneliti mengambil masalah tentang kemampuan manajemen diri siswa kelas XI TKJ 1 SMK NU Ma’arif Kudus. Rumusan Masalah: Bagaimana layanan penguasaan konten dengan teknik self instruction mampu meningkatkan kemampuan manajemen diri terhadap siswa kelas XI TKJ 1 SMK NU Ma’arif Kudus Tahun 2014/2015?. Tujuan dari penelitian ini diperoleh peningkatan kemampuan manajemen diri pada siswa kelas XI TKJ 1 SMK NU Ma’arif Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. Teori yang digunakan dalam penelitian ini meliputi teori kemampuan manajemen diri dan teori layanan penguasaan konten dengan teknik self instruction. Kemampuan manajemen diri adalah suatu kemampuan untuk mengelola dan mengarahkan diri sendiri. Penguasaan konten dengan teknik self instruction adalah layanan yang terdapat di dalam bimbingan dan konseling yang diberikan peserta didik untuk memahami dan menginstruksikan diri dalam mengarahkan perilakunya. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “layanan penguasaan konten teknik self instruction dapat meningkatkan kemampuan manajemen diri pada siswa kelas XI TKJ 1 SMK NU Ma’arif Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015”. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling. Subyek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKJ 1 SMK NU Ma’arif Kudus, sebanyak 38 siswa. Variable penelitian: Layanan penguasaan konten dengan teknik self instruction (variable bebas) dan kemampuan manajemen diri (variabel terikat). Metode pengumpulan data dengan metode pokok observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan deskriptif komparatif. Rancangan penelitan dilakukan meliputi perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan tindakan, refleksi terhadap tindakan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pada tahap pra siklus kemampuan manajemen diri siswa dari 38 siswa kelas XI TKJ 1 SMK NU Ma’arif Kudus sebelum diberikan layanan penguasaan konten teknik self instruction diperoleh hasil observasi siswa dengan nilai rata-rata 24 (kurang) terdiri dari 38 siswa dalam kategori kurang, rendahnya kemampuan manajemen diri siswa karena masih banyak yang terlambat semangat dalam beraktifitas, kurang percaya diri, kurang dapat mengatur waktu dengan baik, kurang memiliki sopan santun, kurang sopan dalam berbicara, kurang optimis dalam belajar di sekolah, kurang tegas dalam mengambil keputusan, kurang tertib dalam mengikuti pembelajaran, kurang berpakaian rapi di sekolah, dan kurang mentaati peraturan sekolah. Setelah diberikan layanan penguasaan konten dengan teknik self instruction pada siklus I dari ketiga pertemuan diperoleh rata-rata 29,7 (cukup) yang terdiri dari 28 dalam kategori cukup. terjadi peningkatan 6 dari 23,6 (kurang) menjadi 29,7 (cukup) ini dikarenakan siswa sudah mulai antusias untuk bertanya dan mengemukakan pendapat meskipun baru sebagian siswa saja yang antuasi bertanya dan berpendapat, kemudian pada siklus II terdapat peningkatan dari siklus I, pada siklus II dari ketiga pertemuan mendapat hasil rata-rata 38,5 (baik) terdiri dari 18 siswa dalam kategori baik dan 20 siswa dalam kategori sangat baik. terjadi peningkatan 7 dari 29,7 (cukup) menjadi 38,5 (baik). Indikator keberhasilan yang diterapkan pada penelitian ini adalah apabila ada peningkatan dari aspek kemampuan manajemen diri siswa minimal dalam kategori baik 34 (68%). Berdasarkan kesimpulan dan kegunaan peneliti di atas maka dapat disarankan kepada: 1. Kepada sekolah memberikan memberikan fasilitas yang mendukung, agar program bimbingan dan konseling dapat berjalan secara optimal. 2. konselor hendaknya memberikan layanan penguasaan konten dengan teknik self instruction secara intensif sesuai dengan kebutuhan siswa agar dapat memberikan arahan pada dirinya secara maksimal khususnya dalam kemampuan manajemen diri. 3. Siswa diharapkan mampu memberikan instruksi atau arahan pada dirinya terutama dalam mengelola diri sendiri. 4. Peneliti berikutnya diharapkan mampu menyiapkan segala kebutuhan yang akan digunakan dalam melakukan layanan bimbingan dan konseling terutama layanan penguasaan konten, agar nantinya pelaksanaan layanan tersebut dapat berjalan secara maksimal.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing :Drs.Arista Kiswantoro,M.Pd
Kata Kunci: Manajemen Diri, Penguasaan Konten, Self Instruction.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 09 Sep 2015 02:00
Last Modified: 09 Sep 2015 02:00
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4637

Actions (login required)

View Item View Item