PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA KOLASE DI SDN LANGENHARJO 01 PATI

ERDYANNY, RISTINA (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA KOLASE DI SDN LANGENHARJO 01 PATI. Update Test thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.

[thumbnail of Hal.Judul]
Preview
PDF (Hal.Judul)
COVER.pdf - Accepted Version

Download (535kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (362kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (401kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (166kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi melalui model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbantuan media kolase di SDN Langenharjo 01 Pati. Model pembelajaran think talk write merupakan model pembelajaran yang mendorong siswa untuk berpikir, berbicara dan kemudian menuliskan suatu topik tertentu. Keterampilan menulis karangan deskripsi adalah suatu bentuk tulisan yang melukiskan keadaan suatu objek yang melibatkan indera manusia. Hipotesis tindakan yang diajukan adalah terjadi peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi yang dipengaruhi dari keterampilan mengajar guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dan aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SDN Langenharjo 01 Pati dengan subjek penelitian 21 siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus yang menerapkan model pembelajaran think talk write berbantuan media kolase dengan menggunakan desain model PTK Stephen Kemmis dan Robin Mc Taggart dengan langkah PTK: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Variabel bebas adalah model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbantuan media kolase. Sedangkan variabel terikat adalah peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi di SDN Langenharjo 01 Pati. Instrumen penelitian ini adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian terdapat peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SDN Langenharjo 01 Pati yang cukup signifikasi. Kondisi awal siswa sebelum tindakan mendapat ketuntasan klasikal sebesar 38,09% dengan rata-rata 64,05 dengan kualifikasi “cukup”, meningkat pada siklus I menjadi 71,43% dengan rata-rata 72,86 dengan kualifikasi “baik” dan pada siklus II meningkat menjadi 90,48% dengan rata-rata 80,95 dengan kualifikasi “sangat baik”. Keterampilan guru juga mengalami peningkatan, siklus I 80,83% dengan kualifikasi “sangat baik” dan pada siklus II meningkat menjadi 96,39% dengan kualifikasi “sangat baik”. Aktivitas belajar siswa secara klasikal pada siklus I 69,87% dengan kualifikasi “baik” dan meningkat pada siklus II menjadi 82,59 dengan kualifikasi “sangat baik”. Hal itu membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran think talk write dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi pada kelas IV SDN Langenharjo 01 Pati. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SDN Langenharjo 01 Pati dapat disimpulan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran think talk write berbantuan media kolase dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV SDN Langenharjo 01 Pati. Untuk itu disarankan dalam menggunakan model pembelajaran think talk write berbantuan media kolase, guru harus mempersiapkan dengan matang, memberikan soal-soal yang menantang untuk dipecahkan bersama, dan mengatur alokasi waktu dengan sangat teliti disetiap langkah proses pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing :Drs.Sucipto,M.Pd.,Kons.
Kata Kunci: Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi, Think Talk Write (TTW), Media Kolase.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 12 Sep 2015 02:08
Last Modified: 12 Sep 2015 02:08
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4754

Actions (login required)

View Item View Item