PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN DAN URUTANNYA SDN 5 BULUNGCANGKRING

EMILIANA, EKA SILA (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN DAN URUTANNYA SDN 5 BULUNGCANGKRING. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (947kB)
[thumbnail of BAB 1] PDF (BAB 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 2] PDF (BAB 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (573kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] PDF (BAB 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (569kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] PDF (BAB 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] PDF (BAB 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] PDF (BAB 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (283kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dan keterampilan guru dalam pembelajaran Snowball Throwing materi Pecahan dan Urutannya kelas IV SDN 5 Bulungcangkring. Model pembelajaran Snowball Throwing melatih siswa untuk membuat dan menjawab pertanyaan melalui permainan. Model Snowball Throwing dipilih karena sesuai dengan karakteristik masalah dan karakteristik siswa SD yang menyukai permainan. Hasil belajar matematika adalah perubahan tingkah laku, sikap, dan keterampilan atau perolehan yang didapat siswa setelah mengikuti pembelajaran matematika. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SD SDN 5 Bulungcangkring tahun 2014/2015 dengan subjek penelitian berjumlah 19 siswa. Penelitian ini di desain dalam bentuk PTK terdiri atas dua siklus setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulkan data yang digunakan ialah wawancara, tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara, tes, dan lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika yang cukup signifkan. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar serta nilai rata-rata pada setiap siklus. Persentase ketuntasan prasiklus(45%) menjadi (79%) pada sikus I dan pada siklus II (95%). Didukung dengan peningkatan hasil belajar siswa ranah afektif pada siklus I mendapat nilai rata-rata 65(cukup baik) meningkat pada siklus II 83 (baik) dan hasil belajar ranah psikomotorik pada siklus I mendapat nilai 65(cukup baik) meningkat pada siklus II 84 (sangat baik) . Pengelolaan pembelajaran guru pada siklus I mendapat nilai 76 (baik) menjadi 89 dengan kriteria (sangat baik). Simpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar matematika, dan keterampilan pengeloaan pembelajaran guru pada materi pecahan dan Urutannya kelas IV SD SDN 5 Bulungcangkring. Untuk itu model pembelajaran Snowball Throwing dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam menghadapi permasalahan rendahnya hasil belajar matematika siswa. Peneliti memberikan saran kepada siswa, guru, sekolah dan peneliti yang akan datang diharapkan dapat lebih memahami langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing, sehingga proses pembelajaran berjalan dengan lancar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Dra. Sumarwiyah, M.Pd.Kons
Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Snowball Throwing, Pecahan dan Urutannya.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 22 Jun 2016 04:01
Last Modified: 22 Jun 2016 04:01
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5216

Actions (login required)

View Item View Item