UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR Pkn MELALUI MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION PADA SISWA KELAS IV SDN SOWAN KIDUL KECAMATAN KEDUNG KABUPATEN JEPARA

Wahyu Diarta , Tegar (2016) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR Pkn MELALUI MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION PADA SISWA KELAS IV SDN SOWAN KIDUL KECAMATAN KEDUNG KABUPATEN JEPARA. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
COVER.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (301kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (685kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (260kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (18MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian Ini Bertujuan Untuk Meningkatkan Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Dan Hasil Belajar Pada Ranah Kognitif, Afektif, Psikomotorik Dengan Menggunakan Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions) Pada Materi Susunan Organisasi Pemerintahan Kabupaten/Kota, Dan Provinsi. Dalam Pembelajaran Pkn Pada Siswa Kelas IV SDN Sowan Kidul, Mendeskripsikan Aktivitas Siswa Setelah Diterapkan Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions) Dalam Pembelajaran Pkn Pada Kelas IV SDN Sowan Kidul, Dan Menemukan Peningkatan Hasil Belajar Setelah Diterapkan Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions) Pada Pembelajaran Pkn Siswa Kelas IV SDN Sowan Kidul. Hasil Belajar Merupakan Perubahan Tingkat Penguasaan Pemahaman Siswa Dan Perilaku Pada Diri Siswa Yang Mencakup Aspek Kognitif, Afektif, Dan Psikomotorik Siswa Sebagai Hasil Dari Kegiatan Belajar Yang Telah Dilakukan. Pkn Merupakan Pendidikan Yang Bertujuan Untuk Mempersiapkan Siswa Untuk Berfikir Kritis, Demokratis, Dan Ikut Serta Berpartisipasi Dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa Dan Bernegara Guna Menjadi Warga Negara Yang Baik. Model Pembelajaran STAD Adalah Pembelajaran Yang Menggunakan Kelompok Kecil Terdiri Atas 4-5, Dikelompokkan Secara Heterogen Siswa Yang Saling Bekerjasama Untuk Menyelesaikan Tujuan Pembelajaran. Penelitian Ini Merupakan Penelitian Tindakan Kelas Yang Dilaksanakan Di Kelas IV SDN Sowan Kidul Jepara Dengan Subjek Penelitian 28 Siswa Dan Guru Yang Berlangsung Selama Dua Siklus, Setiap Siklus Terdiri Dari Empat Tahap Yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, Dan Refleksi. Variabel Bebas Adalah Model Pembelajaran STAD, Sedangkan Variabel Terikat Adalah Hasil Belajar Pkn. Teknik Pengumpulan Data Menggunakan Teknik Wawancara, Observasi, Dokumentasi Dan Tes. Analisis Data Yang Digunakan Merupakan Analisis Data Deskriptif Kualitatif Dan Kuantitatif. Hasil Penelitian Menunjukan Bahwa Penggunaan Model STAD Dapat Meningkatkan Ketrampilan Guru, Aktivitas Siswa, Dan Hasil Belajar Pkn. Hal Ini Dapat Dilihat Dari Tercapainya Indikator Keberhasilan Sebagai Berikut. (1) Keterampilan Guru Dalam Pembelajaran Pkn Pada Siklus I Memperoleh Nilai Dengan Rata-Rata 64,36% Dengan Kualifikasi Cukup Dan Meningkat Pada Siklus II Menjadi 77,8% Dengan Kualifikasi Baik (65-84). (2) Aktivitas Belajar Siswa Ranah Afektif Pada Siklus I Memperoleh Nilai Rata-Rata 44.6% Dengan Kualifikasi Kurang, Meningkat Pada Siklus II Dengan Rata-Rata 71,4% Dengan Kualifikasi Baik (65-84), Sedangkan Ranah Psikomotorik Pada Siklus I Memperoleh Nilai Rata-Rata 39,2% Dan Meningkat Pada Siklus II Dengan Rata-Rata 67,9% Dengan Kualifikasi Baik (65-84). (3) Presentase Ketuntasan Hasil Belajar Prasiklus Rata-Rata Klasikal 14,28% Dengan Rata-Rata Nilai 66,11, Pada Tes Evaluasi Siklus I Rata-Rata Klasikal Meningkat Menjadi 42,9% Dengan Rata-Rata Nilai 65, Pada Siklus II Terjadi Peningkatan Pada Rata-Rata Klasikal Menjadi 82,1 % Dengan Rata-Rata Nilai 79,44%. Simpulan Dalam Penelitian Ini Yakni Penerapan Model STAD Dapat Meningkatkan Keterampilan Guru, Aktivitas Belajar, Dan Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas IV SDN Sowan Kidul Jepara. Saran Yang Dapat Disampaikan Adalah Pembelajaran Dengan Model Student Team Achievement Divisions (STAD) Perlu Dilaksanakan Dalam Pembelajaran Pkn Di Kelas, Karena Model Pembelajaran Tersebut Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Guru Harus Bisa Memotivasi Siswa Agar Lebih Aktif Dalam Pembelajaran Dengan Melakukan Bimbingan Secara Intensif.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing: SANTOSO, S. Pd., M. Pd.
Kata Kunci: Civic Education Learning Outcomes, STAD (Student Teams Achievement Divisions) Learning Model, The Organizational Structure Of The Distric Administrtion
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 24 Jun 2016 02:05
Last Modified: 24 Jun 2016 02:05
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5299

Actions (login required)

View Item View Item