Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Sifat-Sifat Bangun Ruang Dengan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division Pada Siswa Kelas V Sd 3 Undaan Lor Kudus

Munjiati, Rina (2014) Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Sifat-Sifat Bangun Ruang Dengan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division Pada Siswa Kelas V Sd 3 Undaan Lor Kudus. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
01._Halaman_Depan.pdf - Accepted Version

Download (337kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
02._BAB_I_Pendahuluan.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
03._BAB_II_Kajian_Pustaka_dan_Hipotesis_Tindakan.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
04._BAB_III_Metode_Penelitian.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (470kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
05_BAB_IV_Hasil_Penelitian.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (415kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
06._BAB_V_Pembahasan.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
07._BAB_VI_Simpulan_dan_Saran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (117kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
09._Lampiran-lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Masalah Dari Penelitian Ini Adalah Rendahnya Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD 3 Undaan Lor Kudus. Hal Ini Disebabkan Karena Pembelajaran Masih Berpusat Pada Guru. Dari Permasalahan Tersebut Maka Diadakan Tindakan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division. Rumusan Masalah Dalam Penelitian Ini Adalah Apakah Penerapan Model Student Teams Achievement Division Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Sifat-Sifat Bangun Ruang Siswa Kelas V SD 3 Undaan Lor Kudus?. Tujuan Penelitian Ini Adalah Untuk Mengetahui Apakah Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Sifat-Sifat Bangun Ruang Pada Siswa Kelas V SD 3 Undaan Lor Kudus. Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division Adalah Model Pembelajaran Yang Membagi Siswa Ke Dalam Kelompok Yang Masing-Masing Kelompok Terdiri Dari 4-5 Siswa Secara Heterogen. Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division Merupakan Model Pembelajaran Kelompok Dengan Langkah-Langkah Belajar Tim, Tes, Rekognisi Tim, Dan Penghargaan. Hasil Belajar Matematika Adalah Hasil Perubahan Tingkah Laku Yang Dihasilkan Seseorang Dari Pengalaman Yang Diperoleh Melalui Proses Belajar Mata Pelajaran Matematika Yang Meliputi Pengetahuan (Aspek Kognitif), Sikap (Aspek Afektif), Dan Keterampilan (Aspek Psikomotor) Yang Dinyatakan Dalam Bentuk Nilai. Penelitian Tindakan Kelas Ini Dilaksanakan Di SD 3 Undaan Lor Kudus Pada Kelas V, Dengan Menggunakan Desain Model Penelitian Tindakan Kelas Kemmis Dan Mc Taggart. Variabel Bebas Yang Diteliti Yaitu Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division, Sedangkan Variabel Terikatnya Yaitu Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Sifat-Sifat Bangun Ruang. Metode Pengumpulan Data Melalui Metode Observasi, Tes, Dan Dokumentasi. Teknik Analisis Data Meliputi Teknik Analisis Data Kualitatif Dan Kuantitatif. Hasil Penelitian Ini Menunjukkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions Meningkat. Siklus I Rata-Rata Kelas 71,67 Dengan Ketuntasan Klasikal 66,67% Siklus II Rata-Rata 84,17 Dengan Ketuntasan Klasikal 83,33%. Rata-Rata Aktivitas Siswa Siklus I Memperoleh 62,92% Dengan Kategori Cukup, Siklus II 85% Dengan Kategori Baik. Sedangkan Keterampilan Guru Siklus I Rata-Rata 61,25% Dengan Kategori Cukup, Siklus II 82% Dengan Kategori Baik. Hasil Secara Keseluruhan Ketrampilan Guru Dan Aktivitas Siswa Sudah Baik. Simpulan Dalam Penelitian Ini Adalah Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Saran Yang Dapat Disampaikan Adalah Pembelajaran Dengan Model Student Teams Achievement Divisions Perlu Dilaksanakan Dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas, Karena Model Pembelajaran Tersebut Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Guru, Sebaiknya Dapat Menambah Variasi Dengan Berbantuan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing: Dr. Sri Utaminingsing,M.Pd
Kata Kunci: Student Teams Achievement Division Learning Model, Mathematics Result Learning
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 24 Jun 2016 02:25
Last Modified: 24 Jun 2016 02:25
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5301

Actions (login required)

View Item View Item