Penerapan Model Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Kelas V Sdn 6 Terban Kudus

Rosmalasari, Besty (2015) Penerapan Model Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Kelas V Sdn 6 Terban Kudus. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
COVER.pdf - Accepted Version

Download (428kB)
[thumbnail of BAB 1] PDF (BAB 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 2] PDF (BAB 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] PDF (BAB 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (540kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] PDF (BAB 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] PDF (BAB 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] PDF (BAB 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (126kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model role playing dan menemukan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi proklamasi kemerdekaan Indonesia kelas V SDN 6 Terban Kudus. Hasil belajar merupakan perubahan yang terjadi pada diri siswa untuk mencapai tujuan pendidikan dalam proses belajar mengajar yang terkait beberapa aspek yaitu aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Role playing atau bermain peran merupakan sebuah model pembelajaran dengan cara memberikan peran-peran tertentu kepada siswa dalam bentuk keterlibatan pengalaman sesungguhnya yang dirancang oleh guru dan diperankan oleh siswa. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran role playing dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi proklamasi kemerdekaan Indonesia bagi siswa kelas V SDN 6 Terban. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas V SDN 6 Terban dengan subjek penelitian 14 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Variabel bebas model role playing. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar IPS. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan nilai hasil belajar IPS ranah kognitif siswa pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia yang cukup signifikan antara siklus I (64,3%), dan siklus II (85,7%). Didukung dengan peningkatan hasil belajar ranah afektif siswa pada siklus I 60,3% (cukup) menjadi 79,3% (baik) siklus II. Peningkatan hasil belajar ranah psikomotorik pada siklus I 66,0% (cukup) menjadi 78,3% (baik) siklus II. Keterampilan mengajar dengan menggunakan pembelajaran model role playing juga mengalami peningkatan pada siklus I 67,5% (baik) menjadi 83,4% (baik). Hal itu membuktikan bahwa penggunaan model role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia kelas V SDN 6 Terban Kudus. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SDN 6 Terban Kudus dapat disimpulkan bahwa penerapan model role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS materi proklamasi kemerdekaan Indonesia kelas V SDN 6 Terban Kudus. Saran untuk guru yaitu hendaknya menggunakan model role playing sebagai referensi dalam memilih model pembelajaran, siswa hendaknya lebih aktif dalam pembelajaran, sekolah hendaknya menyediakan fasilitas dan sumber belajar yang memadai dalam menunjang peningkatan kualitas pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Drs. Masturi, MM
Kata Kunci: Role Playing, Hasil belajar, Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 01 Jul 2016 06:49
Last Modified: 01 Jul 2016 06:49
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5545

Actions (login required)

View Item View Item