Penerapan Model Pembelajaran Tgt Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Materi Energi Dan Kegunaannya Siswa Kelas Iv Sdn Cangkring Karanganyar Demak

Rahayuningsih, Etik (2016) Penerapan Model Pembelajaran Tgt Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Materi Energi Dan Kegunaannya Siswa Kelas Iv Sdn Cangkring Karanganyar Demak. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal Judul]
Preview
PDF (Hal Judul)
Hal_Judul.pdf - Accepted Version

Download (651kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (542kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (412kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (559kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI._OCE.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (136kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Rendahnya hasil belajar siswa tersebut dikarenakan guru dalam pembelajaran masih menggunakan metode ceramah satu arah dan memberikan penjelasan materi pada siswa secara konvensional. Sehingga siswa menjadi pasif dan kurang berani dalam mengungkapkan ide dan gagasannya. Dari hasil observasi diperoleh hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 65. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar IPA, aktivitas belajar siswa, dan pengelolaan pembelajaran guru setelah diterapaknnya model TGT. Model pembelajaran TGT adalah model pembelajaran dimana siswa setelah belajar secara individu kemudian dibentuk ke dalam kelompok heterogen yang terdiri dari 4-5 siswa, selanjutnya pada kelompok tersebut melakukan kegiatan games turnamen sesuai dengan tingkat kemampuannya. Adapun langkah-langkah dalam pembelajaran model TGT yaitu, penyajian kelas, pembentukan kelompok, pelaksanaan games, dan pelaksanaan turnamen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang dikembangkan oleh Hopkins, yang terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh peneliti yaitu data aktivitas belajar siswa dengan diterapkannya model TGT, data hasil pengelolaan pembelajaran guru, dan data hasil belajar IPA. Hasil penelitian pada siklus 1 menunjukkan adanya peningkatan skor rata-rata aktivitas belajar IPA siswa dari kategori “cukup baik” dengan persentase 64,19% pada siklus 1, meningkat menjadi 84,04% kategori “baik” pada siklus 2. Penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model teams games tournament juga menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan hasil belajar IPA siswa pada siklus 1 sebesar 61,54% dan pada siklus 2 meningkat menjadi 88,5%. Dengan rata-rata nilai hasil belajar IPA siswa sebesar 67,3 pada siklus 1 dan pada siklus 2 nilai rata-rata hasil belajar IPA siswa meningkat menjadi 85. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan: terdapat peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas IV semester 2 melalui penerapan model teams games tournament pada materi energi dan kegunaanya di SDN Cangkring Karanganyar Demak. Tahun pelajaran 2013/2014. Berdasrkan hasil dari penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model TGT dapat meningkatkan hasil belajar IPA, aktivitas belajar siswa, dan pengelolaan pembelajaran guru. Peneliti menyarankan bagi para guru sekolah dasar untuk menerapkan model teams games tournament dalam pembelajaran IPA agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing; Dra. Sumarwiyah, M.Pd, Kons
Kata Kunci: model team games tournament, hasil belajar Ilmu pengetahuan alam, energi dan kegunaannya
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 13 Sep 2016 02:07
Last Modified: 13 Sep 2016 02:07
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6117

Actions (login required)

View Item View Item