The Listening Ability Of The Seventh Grade Students Of Smp Muhammadiyah 1 Kudus Taught By Using Shadowing Technique In Academic Year 2015/2016

Rafiq, Reza Aflicha (2016) The Listening Ability Of The Seventh Grade Students Of Smp Muhammadiyah 1 Kudus Taught By Using Shadowing Technique In Academic Year 2015/2016. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (908kB)
[thumbnail of BAB 1] PDF (BAB 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 2] PDF (BAB 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] PDF (BAB 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] PDF (BAB 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] PDF (BAB 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (153kB)
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Mendengar adalah suatu aktivitas merespons pengetahuan, ide dan perasaan dalam bentuk teks sehingga hasilnya dapat dinikmati dan dipahami oleh pendengar. Mendengar adalah salah satu kemampuan yang mana diperlukan bagi siswa untuk merespons ide-ide mereka di dalam tulisan. Mendengar seharusnya mendapat perhatian lebih karena masih banyak siswa mengalami kesulitan dalam merespons teks dari penutur asli,. Penulis menemukan masalah yang dimiliki oleh para siswa SMP Muhammadiyah 1 Kudus dalam mendengar Bahasa Inggris. Penulis kemudian mencoba menggunakan teknik yang disebut Shadowing. Hal ini perlu dicoba karena dengan teknik ini, siswa akan menjadi lebih aktif dalam mengenali ungkapan bahasa Inggris dengan cara mengucapkannya secara hampir bersamaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bilamana ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan mendengar siswa kelas SMP Muhammadiyah 1 Kudus pada tahun pelajaran 2015/2016 sebelum dan sesudah diajar dengan menggunakan teknik Shadowing. Rancangan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan memberikan pretest and posttest pada satu kelompok. Populasinya adalah kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Kudus tahun pelajaran 2015/2016. Penulis mengambil subjek penelitian dengan menggunakan cluster random sampling. Instrument penelitian menggunakan tes pilihan ganda dan tes tertulis (melengkapi kata yang hilang). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata rata kemampuan siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Kudus tahun ajaran 2015/2016 di dalam mendengar sebelum menggunakan teknik Shadowing adalah 62 dan standart deviasi adalah 8.4, menunjukkan kategori “cukup”. Sedangkan rata rata kemampuan siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Kudus tahun ajaran 2015/2016 di dalam mendengar setelah menggunakan teknik Shadowing adalah 73.7 dan standart deviasi adalah 7.7, yang mana menunjukkan kategori “bagus”. Itu menunjukkan kemampuan siswa di dalam mendengar ungkapan perkenalan dan salam lebih baik daripada sebelum menggunakan teknik Shadowing. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyimpulkan bahwa teknik Shadowing efektif di dalam pembelajaran mendengar ungkapan salam dan perkenalan, serta siswa lebih, aktif dan senang di dalam proses pembelajaran. Untuk penulis selanjutnya, diharapkan untuk dapat memberi treatment lebih untuk para siswa agar mendapatkan data penelitian yang lebih valid.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing: Dr. H. A. Hilal Madjdi, M.Pd
Kata Kunci: Listening Ability, Shadowing Technique.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 02 Nov 2016 03:10
Last Modified: 02 Nov 2016 03:10
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6143

Actions (login required)

View Item View Item