Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Model Think Talk Write Berbantuan Media Audiovisual Pada Siswa Kelas Iv Sdn Tambahsari Pati

Febtiana, Rika (2016) Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Model Think Talk Write Berbantuan Media Audiovisual Pada Siswa Kelas Iv Sdn Tambahsari Pati. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal judul]
Preview
PDF (Hal judul)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (323kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (550kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (547kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (930kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (412kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (210kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran think talk write berbantuan media audio visual dan menemukan peningkatan keterampilan menulis siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi keterampilan menulis karangan kelas IV SD TambahsariPati. Keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang dipergunakan untuk berkomunikasi secara tidak langsung, tidak secara tatap muka dengan orang lain dan meruipakan keterampilan produktif dan ekspresif. Dalam menulis karangan deskripsi siswa harus mampu menguasai keterampilan menulis agar dapat menciptakan sebuah karangan khususnya sebuah karangan deskrispi pada siswa kelas IV SD Tambahsari Pati. Penelitian Tindakan Kelas ini akan dilaksanakan di kelas IV SD Tambahasari Pati dengan subjek penelitian 17 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran think talk write berbantuan media audio visual, sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan menulis karangan deskripsi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Tes berupa tes kinerja menulis karangan deskripsi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif dan diperkuat dengan data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model think talk write berbantuan media audio visual dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa, keterampilan guru dan aktivitas siswa. Hal ini terlihat dari tercapainya indikator keberhasilan yakni (1) presentase ketuntasan belajar klasikal pada evaluasi keterampilan menulis karangan deskripsi siklus I 64,70 % meningkat di siklus II yaitu 82,35 %. (2) keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran menulis karangan deskripsi Pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 28,5 dengan kriteria “tinggi” dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 35 dengan kriteria “sangat tinggi”. (3) aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh presentase rata-rata 65,00% dengan kriteria “tinggi” dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata 84,18 % dengan kriteria “sangat tinggi”. Berdasarkan hal tersebut membuktikan bahwa model think talk write berbantuan media audi visual dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SD Tambahsari Pati. Simpulan dalam penelitian ini yaitu penerapan model think talk write berbantuan media audio visual dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa, keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, dan aktivitas belajar siswa kelas IV SD Tambahsari Pati. Saran dalam penelitian ini, guru hendaknya menerapkan model think talk write dalam meningkat keterampilan menulis karangan deskripsi pada pelajaran bahasa indonesia dan guru harus kreatif membuat media agar pembelajaran lebih menyenangkan dan membantu siswa dalam meningkatkan keterampilan siswa. Bagi siswa, hendak memiliki kebiasaan belajar yang baik sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna. Bagi peneliti lain, penelitian ini diharapkan mampu memicu berkembangnya penelitian-penelitian lain yang lebih kreatif dan inovatif, khususnya terhadap pembelajaran bahasa indonesia aspek keterampilan menulis.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing: Dr. Murtono, M.Pd
Kata Kunci: Model Think Talk Write, Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 23 Nov 2016 02:45
Last Modified: 23 Nov 2016 02:45
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6433

Actions (login required)

View Item View Item