Penerapan Model Pembelajaran Role Playingdengan Berbantuan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Kelas V Sd 2 Mlatinorowito Kudus

Hadi M, Rizqiya (2017) Penerapan Model Pembelajaran Role Playingdengan Berbantuan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Kelas V Sd 2 Mlatinorowito Kudus. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal judul]
Preview
PDF (Hal judul)
halaman_depan.pdf - Accepted Version

Download (734kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
bab_1.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy
[thumbnail of BAb 2] PDF (BAb 2)
bab_2.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (403kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
bab_3.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (438kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
bab_4.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
bab_5.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
bab_6.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf - Accepted Version

Download (309kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy
[thumbnail of Sidang] Microsoft PowerPoint (Sidang)
PPT_SKRIPSI.pptx - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitianinibertujuanuntukmeningkatkanketerampilan guru mengelolapembelajaran, meningkatkanaktivitassiswadalampembelajarandanmeningkatkanhasilbelajardenganmenerapkan model role playingpadamatapelajaran IPS materiperantokohproklamasikelas V SD 2 Mlatinorowito. Hasilbelajaradalahperubahanperilaku yang diperolehsiswasetelahmengalamiaktivitasbelajar yang dilihatdariaspekkognitif, afektif, psikomotor. Model role playingmerupakaninovasidalampembelajarankarenadalamrole playingkemampuanberfikirsiswabenar-benardioptimalkanmelalui proses kerjabermainperan, hipotesistindakan yang diajukanadalahpeningkatanhasilbelajar IPS materiperantokohproklamasikemerdekaan Indonesia yang signifikandenganditerapkan model pembelajaranrole playingpadakelas V SD 2 Mlatinorowito Kudus tahunajaran 2015/2016. Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasdilaksanakan di kelas V SD 2 Mlatinorowito Kudus dengansubjekpenelitian 32 siswadan guru yang berlangsungselamaduasiklus, setiapsiklusterdiridariduapertemuan, variabelbebasdalampenelitianiniadalah model role playingberbantuan video pembelajaran, sedangkanvariabelterikatnyayaituhasilbelajar IPS padamateriperantokohproklamasikemerdekaan Indonesia. Metodepengumpulan data berupawawancara, observasi, tes, dandokumentasi.Data yang diperolehdaritindakan yang dilakukandianalisissecarakuantitatifdankualitatif. Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwapenerapan model pembelajaranrole playing dapatmeningkatkanketerampilanmengajar guru, aktivitasbelajarsiswa, danhasilbelajarsiswa.Hal inidapatdilihatdaritercapainyaindikatorkeberhasilansebagaiberikut. (1) keterampilan guru padasiklus I memperoleh 64,5% (cukupbaik), danmeningkatpadasiklus II menjadi 80,5% (sangatbaik), (2) aktivitasbelajarsiswapadasiklus I memperoleh 69,92% (tinggi) meningkatpadasiklus II menjadi 88,37% (sangattinggi), (3) peningkatanhasilbelajarsiswapadaaspekkognitifdarisiklus I memperoleh71 (tinggi) danmeningkatpadasiklus II menjadi 80% (sangattinggi). Aspekafektifpadasiklus I memperoleh61% (tinggi), padasiklus II memperoleh 79% (tinggi).Aspekpsikomotoriksiklus I memperoleh 66,5% (tinggi) dansiklus II memperoleh 79% (tinggi). Berdasarkanhasilpenelitiantindakankelas di atasdapatdisimpukanbahwapenerapan model pembelajaranrole playingdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamateriperantokohkemerdekaan Indonesia padasiswakelas V SD 2 Mlatinorowito Kudus. Untukitudisarankandalampenelitianiniketika guru menggunakan model pembelajaranrole playing, hendaknya guru dapatmembimbingsiswadenganbaikpadasaatpelaksanaan drama sedangberlangsung, agar hasilbelajar yang didapatkansiswamenjadimaksimal.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing: Dr. Murtono, M.Pd
Kata Kunci: : HasilBelajar, Keterampilan Guru Mengajar, Role Playing, Media Video Pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 29 Apr 2017 03:57
Last Modified: 29 Apr 2017 03:57
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6869

Actions (login required)

View Item View Item