Penerapan Model Think Talk Write Berbantu Media Audio Visual Untuk Peningkatan Keterampilan Menulispuisisiswa Kelas V Sd 4 Jekulo Kudus

SARI, DESY NOVITA (2017) Penerapan Model Think Talk Write Berbantu Media Audio Visual Untuk Peningkatan Keterampilan Menulispuisisiswa Kelas V Sd 4 Jekulo Kudus. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
PDF (halaman judul)
Hal_Judul.pdf - Accepted Version

Download (507kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (485kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (34kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis puisi bebas melalui model think talk write berbantuan media audio visual pada siswa kelas V SD 4 Jekulo Kudus, (2) mendeskripsikan aktivitas belajar siswa kelas V SD 4 Jekulo Kudus dengan diterapkannya model think talk write berbantuan audio visual, (3) mengetahui peningkatan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas V SD 4 Jekulo Kudus. Keterampilan menulis puisi merupakan suatu kemampuan atau keterampilan bahasa seseorang dalam mengungkapkan gagasan pikiran berbentuk sajak dengan bahasa yang dipadatkan, menggunakan pilihan kata tertentu (diksi). Model think talk write merupakan model pembelajaran yang dapat melatih anak berfikir melalui LKS atau bahan bacaan, kemudian bahan bacaan atau LKS tersebut didiskusikan dengan temannya, kemudian hasil diskusi tersebut dituangkan ke dalam bentuk tulisan. Model ini akan diterapkan dalam mata pelajaran bahasa Indonesia materi puisi kelas V. Model ini dibantu oleh media audio visual. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan model think talk write berbantuan media audio visual dapat meningkatkan keterampilan menulis, keterampilan guru, dan aktivitas siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia materi puisi bebas di SD 4 Jekulo Kudus. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di SD 4 Jekulo Kudus dengan subjek penelitian 23 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model think talk write berbantuan media audio visual. Variabel terikat adalah keterampilan menulis puisi. Instrumen penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan modelthink talk writeberbantuan audio visualdapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa, keterampilan guru, dan aktivitas belajar siswa. Hal ini terlihat dari tercapainya indikator keberhasilan yakni (1) persentase ketuntasan belajar klasikal pada tes keterampilan menulis puisi siklus I 69,57% meningkat menjadi 91,3% pada tes keterampilan menulis puisi siklus II dengan peningkatan nilai rata-rata kelas pada siklus I 63,91 menjadi 77,17 pada siklus II, (2) keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran menulis puisi pada siklus I memperoleh rata-rata nilai 88,56 dengan kriteria “sangat tinggi” dan meningkat pada siklus II menjadi 95,83 dengan kriteria “sangat tinggi”, dan (3) aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh rata-rata nilai 66,37 dengan kriteria “tinggi” meningkat pada siklus II menjadi 82,34 dengan kriteria “sangat tinggi”. Simpulan dalam penelitian ini yaitu penerapan model think talk writeberbantuan audio visualdapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa, keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, dan aktivitas belajar siswa kelas V SD 4 Jekulo Kudus. Saran dalam penelitian ini, guru hendaknya menerapkan model think talk writedalam meningkatkan keterampilan menulis pada pembelajaran bahasa Indonesia dan guru harus kreatif membuat media agar pembelajaran lebih menyenangkan dan membantu siswa dalam proses belajar. Bagi siswa, hendak memiliki kebiasaan belajar yang baik sehingga pembelajaran lebih bermakna. Bagi peneliti lain, penelitian ini diharapkan mampu memicu berkembangnya penelitian-penelitian lain yang lebih kreatif dan inovatif, khususnya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia aspek keterampilan menulis.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Dr.Murtono,M.Pd.
Kata Kunci: Kata kunci: Think Talk Write, Media Audio Visual, Keterampilan Menulis Puisi.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 08 Feb 2018 02:47
Last Modified: 08 Feb 2018 02:47
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7891

Actions (login required)

View Item View Item