PENINGKATAN HASIL BELAJAR Pkn MELALUI MODEL MIND MAPPING PADA SISWA KELAS IV SD 2 JURANG GEBOG KUDUS

MUSTIKA, ZULIA (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR Pkn MELALUI MODEL MIND MAPPING PADA SISWA KELAS IV SD 2 JURANG GEBOG KUDUS. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of halaman depan]
Preview
PDF (halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (396kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan keterampilan guru dalam mengimplementasikan model Mind Mapping, (2) mendeskripikan peningkatan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran setelah diterapkan model Mind Mapping, dan (3) Menemukan peningkatan hasil belajar PKn dengan diterapkannya model pembelajaran Mind Mapping pada mata pelajaran PKn kelas IV SD 2 Jurang Gebog kabupaten Kudus. Hasil belajar merupakan suatu kemampuan yang dimiliki oleh siswa setelah menerima pembelajaran yang mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Model Mind Mapping merupakan suatu model pembelajaran yang dalam pembelajarannya siswa membuat peta konsep utuk mempermudah dalam mengingat dan menguasai materi. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah penggunaan model Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar PKn materi Globalisasi bagi siswa kelas IV SD 2 Jurang Gebog Kudus. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 2 Jurang Gebog Kudus dengan subjek penelitian peneliti sebagai guru dan 15 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model pembelajaran Mind Mapping. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar PKn. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan merupakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian yakni penerapan model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran di kelas, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar PKn siswa. Hal ini dapat dilihat dari keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran meningkat dengan persentase rata-rata siklus I 70,50% (baik) dan meningkat pada siklus II 87% (sangat baik). Hasil aktivitas belajar siswa juga meningkat. Pada ranah afektif meningkat dengan persentase rata-rata siklus I 73,16% (baik) dan meningkat pada siklus II 84,24% (baik). Sedangkan pada ranah psikomotorik meningkat dengan persentase rata-rata siklus I 69,77% (baik) dan meningkat pada siklus II 88,30% (sangat baik). Serta hasil belajar PKn siswa meningkat dengan persentase ketuntasan klasikal siklus I 78,67% (baik) dan meningkat pada siklus II 82,86% (baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa kelas IV SD 2 Jurang disimpulkan bahwa melalui penerapan model Mind Mapping dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar PKn. Peneliti memberikan saran kepada (1) guru, dalam proses pembelajaran perlu menerapkan model yang dapat menciptakan kondisi belajar menyenangkan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa; (2) siswa, hendaknya aktif dalam pembelajaran; (3) sekolah, hendaknya perlu menindaklanjuti dan menerapkan model Mind Mapping pada mata pelajaran yang lain .

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: pembimbing 1 :Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd.
Kata Kunci: Kata kunci: Model Pembelajaran Mind Mapping, Mata Pelajaran PKn, Hasil Belajar PKn, Materi Globalisasi.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 10 Feb 2018 04:13
Last Modified: 10 Feb 2018 04:13
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7958

Actions (login required)

View Item View Item