Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Pada Mata Pelajaran Pkn Sd N Iii Krasak Pecangaan Jepara

WINARTI, NOVIK (2017) Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Pada Mata Pelajaran Pkn Sd N Iii Krasak Pecangaan Jepara. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
PDF (halaman judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (424kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB_1.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (351kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learninguntuk meningkatkan keterampilan guru, peningkatan aktivitas siswa dan menemukan peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran PKn materi Globalisasi kelas IV SD N III Krasak Pecangaan Jepara. Model Pembelajaran Problem Based Learningadalah model pengajaran bercirikan adanya permasalahan nyata untuk peserta didik belajar berpikir kritis serta memperoleh pengetahuan. Hasil belajar adalah perubahan yang terjadi pada diri siswa, baik yang menyangkut aspek kognitif, afektif, dan psikomotor sebagai hasil dari kegiatan belajar. PKn merupakan mata pelajaran yang digunakan sebagai wahana untuk mengembangkan dan melestarikan nilai luhur dan moral yang berakar pada budaya bangsa Indonesia.Globalisasi adalah suatu proses dibentuknya suatu tatanan, aturan, dan sistem yang berlaku bagi bangsa-bangsa di seluruh dunia. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SD N III Krasak Pecangaan Jepara dengan subjek penelitian 25 siswa. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan ,dan refleksi. Variabel bebas yaitu model Problem Based Learning. Sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar. Teknik pengumpulan datayang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes.Analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas ini meliputi keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan model Problem Based Learning memperoleh persentase pada siklus I 77,08% (baik) menjadi 88,75% (sangat baik) pada siklus II. Hasil pengamatan aktivitas siswa meningkat yaitu siklus I 75,10% (baik) menjadi 85,80 (sangat baik) pada siklus II. Sedangkan hasil belajar siswa ranah kognitif diperoleh 72% (baik) dan meningkat pada siklus II 88% (sangat baik). Hasil pengamatan ranah afektif meningkat yaitu siklus I 71,00% (baik), menjadi 84,50%(baik) siklus II. Hasil pengamatan pada ranah psikomotorik siswa memperoleh 69,80% (baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 84,50 (baik). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learningdapat meningkatan hasil belajar siswa terhadap materi Globalisasi pada mata pelajaran PKn kelas IV SD N III Krasak Pecangaan Jepara. Saran yang diberikan peneliti adalah agar siswa dapat lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran serta dengan model Problem Based Learning dapat digunakan guru dalam kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1:Dr.Murtono,M.Pd
Kata Kunci: Kata Kunci: ModelProblem Based Learning, Hasil Belajar, PKn
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 12 Feb 2018 01:09
Last Modified: 12 Feb 2018 01:09
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7966

Actions (login required)

View Item View Item