PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SD 6 GETASSRABI GEBOG KUDUS

ROHAYATI, RIA (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SD 6 GETASSRABI GEBOG KUDUS. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
PDF (halaman judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (429kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB_1.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB_2.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (414kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB_3.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB_4.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB_5.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (148kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
BAB_6.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (303kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengajar guru, menjelaskan peningkatan aktivitas dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS materi Perkembangan Teknologi dengan menggunakan model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas IV SD 6 Getassrabi. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together merupakan pembelajaran dengan kerja sama dengan kepala bernomor lebih tertuju ke siswa dalam mengolah dan melaporkan dari berbagai sumber kemudian dipresentasikan. Hasil belajar merupakan tingkat keberhasilan yang dicapai siswa pada proses pembelajaran diperoleh dari bentuk tes yang diukur dengan nilai dengan ranah koginitif, afektif, psikomotorik. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together meningkatkan keterampilan mengajar guru dan meningkatkan hasil belajar IPS pada Siswa Kelas IV SD 6 Getassrabi. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SD 6 Getassrabi Gebog Kudus dengan subjek penelitian 15 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Variabel bebas yaitu model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together. Sedangkan Variabel terikatnya yaitu hasil belajar. Instrumen penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan keterampilan mengajar guru yang signifikan pada siklus I 79% (baik) menjadi 84,5% (baik) siklus II, didukung dengan peningkatan aktivitas belajar IPS siswa pada siklus I 73,79% (baik) menjadi 81,69% (baik) siklus II. Peningkatan hasil belajar siswa pada ranah koginitif pada siklus I 69,33 menjadi 79 siklus II, peningkatan hasil belajar ranah afektif pada siklus I 70,49% (baik) menjadi 79,33% (baik) siklus II dan hasil belajar ranah psikomotorik pada siklus I 73,83% (baik) menjadi 80,23% (baik) siklus II. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada Siswa Kelas IV SD 6 Getassrabi Gebog Kudus. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 6 Getassrabi dapat disimpulkan bahwa dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada Siswa Kelas IV SD 6 Getassrabi Gebog Kudus Saran yang diberikan yaitu hendaknya siswa mendengarkan penjelasan guru dengan baik sehingga dapat memahami materi yang disampaikan oleh guru.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: pembimbing 1 :Dr. Murtono, M.Pd
Kata Kunci: Kata kunci: Model Numbered Heads Together, Hasil Belajar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 12 Feb 2018 01:15
Last Modified: 12 Feb 2018 01:15
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7968

Actions (login required)

View Item View Item