Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas Iv Sdn 2 Pendosawalan Kalinyamatan Jepara

OKTAVIASARI, MEGA (2017) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas Iv Sdn 2 Pendosawalan Kalinyamatan Jepara. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of cover]
Preview
PDF (cover)
COVER.pdf - Accepted Version

Download (749kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (516kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA_.pdf - Accepted Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan meninkatkan keterampilan guru dalam melksanakan pembelajaran, meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran dan menerapkan model pemmbelajaran Problem Based Lerning dalam meningkatkan hasil belajar PKn materi globalisasi siswa kelas IV SDN 2 Pendosawalan Kalinyamatan Jepara. Model Problem Based Learning merupakan model pembelajaran dengan menggunakan pemecahan masalah yang berhubungan dalam dunia nyata dan membutuhkan penyelesaian serta kerjasama siswa untuk memecahkan masalah, adapun langkah-langkahnya sebagai berikut. (1) orientasi siswa pada masalah, (2) mengorganisasikan siswa untuk belajar, (3) membimbing penyelidikan individual maupun kelompok, (4) mengembangkan dan penyajian hasil karya/tugas, (5) menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas IV SDN 2 Pendosawalan Kalinyamatan Jepara dengan subjek penelitian 29 siswa, penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan dan pengamatan, refleksi. Variable bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran problem based learning sedangkan variable terikat adalah hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran PKn. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dokumentasi. Data yang telah diperoleh dari tindakan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan model problem based learning dapat meningkatkan keterampilan guru mengelola pembelajaran pada siklus I ke siklus II dari persentase 78,12% menjadi 86,45%. Aktivitas siswa pada ranah afektif pada siklus I ke siklus II meningkat dari persentase 71% menjadi 86%, dan aktivitas siswa pada ranah psikomotrik juga meningkat dilihat dari peningkatan pada siklus I ke siklus II yaitu dari 79,5 %menjadi 86,5 %. hasil belajar pada ranah kognitif juga meningkat dilihat dari peningkatan pada siklus I ke siklus II yaitu dari 68,96% menjadi 82,75%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SDN 2 Pendosawalan Kalinyamatan Jepara dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada ranah pada pelajaran PKn materi globalisasi kelas IV SDN 2 Pendosawalan Kalinyamatan Jepara.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1: Drs.Moh.Kanzunnudin,M.Pd
Kata Kunci: Kata-kata Kunci: Hasil Belajar PKn, Materi Globalisasi, Problem Based Learning.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 12 Feb 2018 03:55
Last Modified: 12 Feb 2018 03:55
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8005

Actions (login required)

View Item View Item