Amalia, Noor (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN Pkn MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE KELAS V SDN 07 KANDANGMAS KUDUS. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (halaman judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version Download (4MB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (235kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (357kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (595kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (263kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (148kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftra pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (148kB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa kelas V branah kognitif, afektif dan psikomotor dan keterampilan guru dalam menggunakan model Think Pair Share. Think Pair Share adalah model pembelajaran yang efektif untuk digunakan proses belajar mengajar siswa dalam kelas, agar siswa dapat menuangkan ide-ide yang ada pada pikirannya untuk menyelesaikan masalah dan saling membantu antara teman. Hipotesis penelitian ini adalah penggunaan yang terdiri atas model Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn siswa kelas V SDN 07 Kandangmas Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan, setiap pertemua melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V dan jumlah siswanya 19 dan variabel terikatnya Think Pair Share dan bebas dalam penelitian ini adalah hasil belajar PKn. Metode pengumpulan datanya adalah wawancara, observasi dan tes diperoleh dari tindakan analisis yang dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini melalui model pembelajaran Think Pair Share meningkat pada setiap siklus. Persentase keterampilan guru pada siklus I diperoleh rata-rata yakni 68,75% dengan kriteria baik. Sedangkan Pada siklus II diperoleh persentase rata-rata yakni 83,61% dengan kriteria baik. Persentase hasil belajar pada ranah kognitif pada prasiklus 42,10% dengan kriteria cukup, kemudian setelah dilakukan penelitian siklus I menjadi 63,15% dengan kriteria baik dan meningkat pada siklus II menjadi 78,95% dengan kriteria baik. Persentase hasil belajar pada ranah afektif pada siklus I rata-rata 66,31% dengan kriteria baik, kemudian meningkat pada siklus II dengan rata-rata persentase 79,6% dengan kriteria baik. Persentase hasil belajar ranah psikomotor pada siklus I rata-rata persentase yakni 67,53% dengan kriteria baik. kemudian meningkat pada siklus II dengan rata-rata persentase 82,01% dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SDN 07 Kandangmas Kudus dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share dalam mata pelajaran PKn keterampilan guru dan hasil belajar siswa meningkat. Peneliti menberikan saran agar guru sebaiknya menginovasi model-model pembelajaran agar siswa lebih semangat dalam belajar, dan kepada pihak sekolah sebaiknya memberikan dukungan dan kesempatan kepada guru dengan mengadakan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Santoso, S.Pd, M.Pd |
Kata Kunci: | Kata Kunci: Hasil Belajar PKn, Model Think Pair Share, Organisasi di Sekolah |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 13 Feb 2018 04:34 |
Last Modified: | 13 Feb 2018 04:34 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8040 |
Actions (login required)
View Item |