Penerapan Model Cooperative Learning Type Jigsaw Untuk Peningkatan Hasil Belajar Pkn Kelas Iv Sdn 1 Bulung Kulon Kabupaten Kudus

RAHAYUNINGTIYAS , PUTRI (2017) Penerapan Model Cooperative Learning Type Jigsaw Untuk Peningkatan Hasil Belajar Pkn Kelas Iv Sdn 1 Bulung Kulon Kabupaten Kudus. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of hal. judul]
Preview
PDF (hal. judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (587kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB_I_.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (281kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB_III_.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (388kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (19MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi globalisasi dengan penerapan model pembelajaran Cooperative Learning Type Jigsaw Kelas IV SDN 1 Bulung Kulon Kabupaten Kudus. Model pembelajaran Cooperative Learning Type Jjigsaw merupakan kegiatan belajar yang dilakukan secara kelompok kecil, siswa dituntut untuk bekerjasama dan bertanggungjawab agar mendapatkan pengalaman kelompok. Dalam penerapannya siswa dibentuk ke dalam kelompok asal, selanjutnya tiap anggota kelompok akan dibagi menjadi sebuah kelompok ahli untuk mempelajari subbab pembelajaran. Setelah itu, siswa bertemu dengan anggota dari kelompok lain yang mempunyai tugas yang sama untuk melakukan diskusi. Setelah menguasai materi kembali ke kelompok asal untuk menyampaikan hasil diskusi kepada kelompok asal. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas menggunakan desain penelitian Kemmis & Mc Taggart dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian guru dan siswa kelas IV SDN 1 Bulung Kulon Kabupaten Kudus dengan jumlah 26 siswa. Pada penelitian ini yang menjadi variabel bebas yakni model Cooperative Learning Type Jigsaw, sedangkan variabel terikat yakni hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Bulung Kulon Kabupaten Kudus. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif komparatif untuk data kuantitatif dan rating scale untuk data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan dengan penerapan model pembelajaran Cooperative Learning Type Jigsaw dapat meningkatkan keterampilan guru mengelola pembelajaran pada siklus I ke siklus II dari presentase 95,63% menjadi 96,88%. Hasil pengamatan aktivitas siswa pada pembelajaran PKn menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning Type Jigsaw mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, pada siklus I diperoleh persentase sebesar 73,22% dan pada siklus II meningkat menjadi 80,22%. Hasil belajar siswa ranah kognitif mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II dari persentase 69% menjadi 88%. xi Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SDN 1 Bulung Kulon Kabupaten Kudus dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Learning Type Jigsaw dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada pelajaran PKn materi globalisasi kelas IV SDN 1 Bulung Kulon Kabupaten Kudus. Adapun saran yang diberikan yakni guru hendaknya menerapkan model pembelajaran yang inovatif untuk mengatasi permasalahan pembelajaran PKn salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning Type Jigsaw.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd
Kata Kunci: Kata kunci: Hasil belajar PKn, Model Cooperative Learning Type Jigsaw, Materi Globalisasi.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 13 Feb 2018 06:10
Last Modified: 13 Feb 2018 06:10
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8046

Actions (login required)

View Item View Item