SUSANTI, IKA DEWI (2017) Pengaruh Model Guided Discovery Learning Berbantuan Crcc Game Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Ipa Siswa Kelas V Sd Se-Gugus Diponegoro Batangan-Pati. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (hal.judul)
HAL._JUDUL.pdf - Accepted Version Download (461kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (146kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (369kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (231kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (767kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (92kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (47kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (167kB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dan mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa yang diajar dengan model guided discovery learning berbantuan CRCC game dan siswa yang diajar model pembelajaran langsung. Mendeskripsikan pengaruh model guided discovery learning berbantuan CRCC terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis IPA siswa kelas V SD Se-Gugus Depan Diponegoro. Keterampilan berpikir kritis adalah pemikiran yang masuk akal untuk menganalisis, mengevaluasi dan mencari tahu secara mendalam informasi yang didapat untuk menentukan respon yang akan dilakukan. Guided discovery learning berbantuan CRCC game adalah model yang mendorong siswa untuk menemukan pengetahuan sendiri dengan bimbingan guru dibantu media cetak permainan clash royal yang dikolborasikan dengan kartu kasus. Penelitian quasi experimental design ini menggunakan pola nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian adalah SD Se-Gugus Diponegoro Kecamatan Batangan-Pati. Sampel penelitian dipilih dengan teknik purposive sampling. Kelas eksperimen yaitu SDN Raci 02 mendapat perlakuan model guided discovery learning berbantuan CRCC game dan kelas kontrol yaitu SDN Raci 01 mendapat perlakuan pembelajaran langsung. Variabel bebas adalah guided discovery learning berbantuan CRCC game. Variabel terikat adalah keterampilan berpikir kritis IPA. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji gain skor, uji signifikan gain skor, analisis nilai akhir, uji-t dan uji regresi. Hasil penelitian rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa kelas eksperimen (71%) lebih tinggi daripada kelas kontrol (55%). Uji signifikan gain skor sebagai uji hipotesis peningkatan memperoleh hasil 0,033<0,05 (sig.<α), uji hipotesis perbedaan dua rata-rata dengan uji-t satu pihak diperoleh 0,000<0,05 (sig.<α) dan uji regresi linier sederhana sebagai uji pengaruh didapat persamaan = 3,497 + 0,637 X dan hasil uji-t 0,000<0,05 (sig.<α). Ketiga uji yang dilakukan menunjukkan hasil sig. < α yang membuktikan bahwa model guided discovery learning berbantuan CRCC game mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis, menunjukkan hasil yang lebih baik daripada pembelajaran langsung dan terbukti lebih berpengaruh .
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1:Yuni Ratnasari,S.Si,M.Pd |
Kata Kunci: | Kata kunci: guided discovery learning, CRCC game, keterampilan berpikir kritis |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 14 Feb 2018 02:34 |
Last Modified: | 14 Feb 2018 02:34 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8075 |
Actions (login required)
View Item |