Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelelajaran Mind Mapping Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Iv Sd 3 Mejobo Kudus

ROZAK, MIFTAKHUR (2017) Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelelajaran Mind Mapping Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Iv Sd 3 Mejobo Kudus. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
PDF (halaman judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (552kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (954kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (403kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (290kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (70kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
LAMPIRANN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id
Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: pembimbing 1 :Dr. Murtono, M.Pd
Kata Kunci: Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengajar guru dalam pembelajaran IPS melalui model Mind Mapping materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi serta pemanfaatan penggunakannya. (2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik kelas IV SD 3 Mejobo Kudus dengan diterapkanya model pembelajaran Mind Mapping. Model Mind Mapping yang dimaksud dalam penelitian ini adalah suatu bentuk model pembelajaran kooperatif. Model Mind Mapping merupakan model pembelajaran yang mengajak siswa untuk aktif belajar dengan berkelompok dengan menginvestigasi topik materi yang sudah dipilih. Hasil belajar merupakan kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya, yang berupa kognitif, afektif dan psikomotorik. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah (1) penerapan model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan keterampilan guru kelas IV SD 3 Mejobo Kudus pada pembelajaran IPS materi manfaat teknologi tahun pelajaran 2016/2017. (2) penerapan model pembeljaran Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi manfaat teknologi kelas IV SD 3 Mejobo Kudus tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan selama 2 siklus, setiap siklus terdiri atas 2 pertemuan. Tiap siklus terdiri atas 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD 3 Mejobo Kudus yang berjumlah 20 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar pengamatan keterampilan guru mengajar, lembar pengamatan hasil belajar aspek afektif dan psikomotorik siswa, tes pilihan ganda dan lembar pedoman wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan pembelajaran IPS melalui model pembelajaran Mind Mapping meningkat disetiap siklus. Persentase keterampilan guru siklus I 82,75% dengan kriteria baik dan meningkat pada siklus II menjadi 91,07% dengan kriteria sangat baik. Pada aspek afektif pada siklus I 70% dengan kriteria baik dan meningkat pada siklus II menjadi 85,50% dengan kriteria sangat baik. Sedangkan pada aspek psikomotorik siklus I 71,46% dengan kriteria baik dan meningkat pada siklus II menjadi 85% dengan kriteria sangat baik. Persentase ketuntasan hasil belajar pada prasiklus yaitu 50% dengan kriteria kurang kemudian setelah dilakukan penelitian siklus I menjadi 70% dengan kriteria baik dan meningkat pada siklus II menjadi 80% dengan kriteria baik. Simpulan pada penelitian ini yaitu dengan diterapkannya model pembelajaran Mind Mapping pada mata pelajaran IPS, keterampilan guru dapat meningkat. Peneliti menyarankan agar siswa lebih meningkatkan semangat dalam mengikuti pembelajaran. Guru hendaknya dapat menginovasikan model pembelajaran. Sedangkan kepala sekolah hendaknya menyediakan sarana dan prasarana yang dapat mendukung proses pembelajaran yang lebih baik.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 14 Feb 2018 03:53
Last Modified: 14 Feb 2018 03:53
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8087

Actions (login required)

View Item View Item