KHOIRINNIDHA, KHOIRINNIDHA (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI MODEL SQ4R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REFLECT, REVIEW) SUBTEMA KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN AGAMA DI NEGERIKU MUATAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV SD 5 GONDOSARI. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (cover)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (1MB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (240kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (439kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III .pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (461kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV .pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (349kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (206kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (211kB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (22MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model SQ4R dalam meningkatkan keterampilan mengajar guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas belajar siswa, dan meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa subtema keragaman suku bangsa dan agama di negeriku pada siswa kelas IV SD 5 Gondosari. Membaca pemahaman merupakan membaca yang dilakukan secara cermat yang digunakan untuk memperoleh pemahaman (sepenuhnya) atas suatu bacaan. Model SQ4R adalah suatu model dimana siswa dihadapkan pada enam tahapan, yaitu survey, question, read, reflect, recite, review. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan model SQ4R dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas siswa dalam pembelajaran, dan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SD 5 Gondosari. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SD 5 Gondosari dengan subjek penelitian 20 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua yang setiap siklusnya terdiri atas empat tahapan, diantaranya yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model SQ4R. Variabel terikat penelitian ini adalah keterampilan membaca pemahaman dan subtema keragaman suku bangsa dan agama di negeriku. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes, pedoman observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan mengajar guru pada siklus I dengan persentase sebesar 78% meningkat pada siklus II menjadi 88%; peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan persentase sebesar 71% meningkat pada siklus II menjadi 87%; dan peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa pada siklus I 65% meningkat pada siklus II menjadi 85%. Hasil tersebut membuktikan bahwa penggunaan model SQ4R dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa subtema keragaman suku bangsa dan agama di negeriku muatan bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SD 5 Godosari. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan model SQ4R pada subtema keragaman suku bangsa dan agama di negeriku muatan bahasa Indonesia dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SD 5 Gondosari. Saran dalam penelitian ini adalah guru sebaiknya memberikan variasi dalam pembelajaran agar dapat menarik perhatian siswa untuk selalu mengikuti pembelajaran.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd. |
Kata Kunci: | Kata Kunci: Keterampilan Membaca Pemahaman, SQ4R |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 07 Jun 2018 02:04 |
Last Modified: | 07 Jun 2018 02:04 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8965 |
Actions (login required)
View Item |