PRATIWI, AYU SENJA (2018) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA KOMIK UNTUK PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD DADIREJO 01 PATI. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (cover)
HAL JUDUL.pdf - Accepted Version Download (251kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (201kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (503kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (447kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (138kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (172kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (181kB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN SKRIPSI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep siswa melalui model pembelajaran Think Talk Write berbantuan media komik pada mata pelajaran IPS. Peningkatan Pemahaman Konsep dapat dimunculkan terhadap siswa melalui model pembelajaran think talk write berbantuan media komik dalam pembelajaran. Think Talk Write merupakan suatu model pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran melalui kegiatan berfikir, berbicara dan menulis untuk menjawab suatu permasalahan. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran think talk write berbantuan media komik dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa Materi Perjuangan Melawan Penjajah Pada Masa Belanda dan Jepang pada Kelas V SD Dadirejo 01 Pati. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas V SDN Dadirejo 01 Pati dengan subyek penelitian 20 siswa. Penelitian ini akan dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah sikap ilmiah siswa, sedangkan variabel bebasnya adalah model pembelajaran think talk write dan media komik. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan yang meliputi keterampilan mengajar guru antara siklus I 76,04% (baik) menjadi 85,49% (sangat baik) pada siklus II. Aktivitas belajar siswa siklus I (69%), meningkat pada siklus II (91%). Pemahaman konsep siswa siklus I (65%) meningkat menjadi (75%) siklus II. Berdasarkan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SDN Dadirejo 01 Pati dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran think talk write berbantuan media komik dapat meningkatan pemahamn konsep pokok bahasan perjuangan melawan penjajah pada masa penjajahan belanda dan jepang SDN Dadirejo 01 Pati. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model think talk write berbantuan komik guru harus member pengarahan agar siswa tetap terarah dalam melakukan aktivitas pembelajarannya.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Drs. Moh Kanzunnudin, M.Pd. |
Kata Kunci: | Kata kunci: Keterampilan Mengajar Guru, Pemahaman Konsep, Think Talk Write, Media Komik |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 07 Jun 2018 02:18 |
Last Modified: | 07 Jun 2018 02:18 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8967 |
Actions (login required)
View Item |