HIDAYAT, DWI ARIF (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MELALUI MODEL THINK TALK WRITE BERBANTUAN LINGKUNGAN BELAJAR SISWA KELAS V SD 1 PURWOREJO BAE KUDUS. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (cover)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (571kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (337kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (488kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (672kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V .pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (361kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (204kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA .pdf - Accepted Version Download (323kB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis narasi melalui model think talk write berbantuan lingkungan belajar siswa kelas V SD 1 Purworejo. Peningkatan Keterampilan menulis karangan narasi dapat diperoleh setelah melalui proses pembelajaran di kelas, sebagai bukti keberhasilan proses belajar mengajar. Keterampilan menulis merupakan suatu kegiatan mengungkapkan pikiran, ide, gagasan, dan pendapat orang lain. karangan narasi adalah suatu karangan yang disusun berdasarkan peristiwa yang telah terjadi. karangan narasi dibagi menjadi dua narasi ekspositoris dan narasi sugestif. Model pembelajaran Think Talk Write adalah model pembelajaran efektif dan bermakna yang dimulai dari berfikir melalui bahan bacaan. Media lingkungan belajar merupakan segala sesuatu yang berhubungan dengan tempat proses kedua aspek lingkungan yang saling mendukung. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas V SD 1 Purworejo dengan subjek penelitian 22 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, Variabel bebas adalah model think talk write berbantuan lingkungan belajar. sedangkan variabel terikat adalah keterampilan menulis narasi. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write berbantuan lingkungan belajar dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas V SD 1 Purworejo. (1) Peningkatan keterampilan guru mengelola pembelajaran pada siklus I ke siklus II meningkat dari 67% kriteria cukup baik menjadi 85% kriteria sangat baik (2) Hasil tes keterampilan menulis karangan narasi siswa pada siklu I memperoleh persentase klasikal 68% dengan kategori cukup dan siklus II memperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 86% dengan kategori sangat baik. Simpulan dalam penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran Think Talk Write berbantuan lingkungan belajar pada pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas V SD 1 Purworejo. Saran dalam penelitian ini adalah siswa hendaknya berperan aktif pada proses pembelajaran yang telah disampaikan oleh guru.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd |
Kata Kunci: | Kata Kunci: Keterampilan Menulis Narasi, Model Think Talk Write, Media Lingkungan Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 07 Jun 2018 02:42 |
Last Modified: | 07 Jun 2018 02:42 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8969 |
Actions (login required)
View Item |