PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SDN SUMBERSARI 01

Susanto, Dwi (2018) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SDN SUMBERSARI 01. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of cover]
Preview
PDF (cover)
halaman judul.pdf - Accepted Version

Download (471kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
Bab 1.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB 2.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB 3.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (515kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB 4.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB 5.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
BAB 6.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
LAMPIRAN .pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu media Puzzle pada siswa kelas V SDN Sumbersari 01. Problem Based Learning adalah suatu model yang efektif yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, karena model ini membantu guru mengaitkan konten mata pelajaraan dengan situasi dunia nyata dan membantu siswa membuat hubungan antara pengetahuan dan penerapannya dalam kehidupan mereka. Sedangkan media permainan Puzzle terbuat dari sebuah kepingan tipis yang terdiri dari 3 atau lebih potongan untuk di susun menjadi sebuah gambar yang utuh. Pemahaman konsep merupakan kemampuan dari seseorang untuk menangkap suatu makna setelah sesuatu itu diketahui dan diingat. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SDN Sumbersari 01. dengan subjek penelitian 14 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan dan pengamatan, refleksi.. Variabel bebas yakni model pembelajaran Problem Based Learning berbantu media Puzzle. Sedangkan variabel terikatnya yakni pemahaman siswa pada mata pelajaran IPS. Teknik pengumpulan data pada penelitian tindakan kelas ini yakni wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning berbantu media Puzzle dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan pemahaman konsep pada mata pelajaran IPS. Keterampilan guru meningkat cukup signifikan antara hasil prasiklus 66,6% (cukup), siklus I 69,6% (baik), siklus II meningkat menjadi 82,1% (baik). Aktivitas siswa meningkat cukup signifikan dari siklus I sebesar 65,4% (baik), meningkat pada siklus II sebesar 81,9% (baik). Ketuntasan pada hasil belajar siswa dari siklus I sebesar 50% kategori sedang, meningkat pada siklus II menjadi 85,8% kategori sangat tinggi, hasil belajar ranah afektif rata-rata siklus I 66,5% (baik) dan siklus II 82,6% (baik), hasil belajar ranah psikomotorik dengan rata-rata siklus I 67,3% dan siklus II 81% (baik). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning berbantu media Puzzle dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, dapat meningkatkan aktivitas siswa, dan meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN Sumbersari 01. Saran dalam penelitian ini, guru hendaknya menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa sehingga dapat merangsang siswa agar tidak mudah bosan dalam mengikuti pembelajaran khususnya mata pelajaran IPS.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Drs. Masturi, MM,
Kata Kunci: Kata Kunci : Problem Based Learning, Media Puzzle, Hasil Belajar IPS
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 08 Jun 2018 02:05
Last Modified: 08 Jun 2018 02:05
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8991

Actions (login required)

View Item View Item