PENERAPAN MODEL COURSE REVIEW HORAY BERBANTUAN MEDIA KOMIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD N WIDOROKANDANG

SA’ADAH, NUR (2018) PENERAPAN MODEL COURSE REVIEW HORAY BERBANTUAN MEDIA KOMIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD N WIDOROKANDANG. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of cover]
Preview
PDF (cover)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version

Download (724kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (618kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (291kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (13MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan keterampilan mengajar guru dalam pembelajaran IPS siswa kelas V SD N Widorokandang dan peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas V SD N Widorokandang dengan penerapan model pembelajaran Course Review Horay berbantuan media komik. Model pembelajaran Course Review Horay adalah kegiatan belajar mengajar dengan cara pengelompokan siswa ke dalam kelompok-kelompok kecil, menggunakan kotak yang diisi dengan soal dan diberi nomor untuk menuliskan jawabannya. Siswa yang paling terdahulu mendapatkan tanda benar langsung berteriak horay atau yel-yel lainnya. Komik dapat didefinisikan sebagai bentuk kartun yang mengungkapkan karakter dan menerapkan suatu cerita dalam urutan yang erat hubungannya dengan gambar. Hasil belajar merupakan ukuran tingkat keberhasilan seseorang dalam mempelajari sesuatu, yang meliputi 3 ranah, yaitu ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Hipotesis tindakan yang diajukan adalah terjadinya peningkatan keterampilan mengajar guru dan hasil belajar IPS siswa kelas V SD N Widorokandang dengan penerapan model pembelajaran Course Review Horay berbantuan media komik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas V SD N Widorokandang dengan subjek penelitian 24 siswa dan guru yang berlangsung selama dua siklus masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Course Review Horay dan media komik, sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar IPS siswa pada materi keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia dan keterampilan mengajar guru. Metode pengumpulan data berupa tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari tindakan yang dilakukan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan keterampilan mengajar guru dalam pembelajaran IPS pada siklus I sebesar 80,50% (sangat tinggi), meningkat menjadi 90,50% (sangat tinggi) pada siklus II. Hasil belajar ranah kognitif siklus I memperoleh ketuntasan klasikal 71% (tinggi), dan meningkat pada siklus II sebesar 83,33% (sangat tinggi). Hasil belajar ranah afektif siklus I memperoleh persentase rata-rata sebesar 79,61% (tinggi), dan meningkat pada siklus II sebesar 85% (sangat tinggi). Hasil belajar ranah psikomotor siklus I memperoleh persentase rata-rata sebesar 69,75% (tinggi), dan meningkat pada siklus II sebesar 80,42% (sangat tinggi). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Course Review Horay berbantuan media komik dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD N Widorokandang materi keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia serta keterampilan mengajar guru dalam pelaksanaan pembelajaran. Saran dalam penelitian ini hendaknya pihak sekolah baik guru, siswa, dan sekolah itu sendiri harus dapat bersinergi dengan baik agar tercipta pembelajaran yang maksimal.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Santoso, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Kata Kunci: Course Review Horay, Komik, Keterampilan Mengajar, Hasil Belajar IPS
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 08 Jun 2018 03:40
Last Modified: 08 Jun 2018 03:40
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8999

Actions (login required)

View Item View Item