STYANA, KURNIATI (2018) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS V SDN 2 JOJO MEJOBO KUDUS. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (cover)
Halaman Judul.pdf - Accepted Version Download (530kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (240kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (450kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (618kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (179kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (124kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
Daftar pustaka.pdf - Accepted Version Download (125kB) | Preview |
PDF (lampiran)
lampiraaannnn.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Peningkatan Motivasi Belajar IPS dengan Menggunakan Model Pembelajaran Role Playing pada Siswa Kelas V SDN 2 JOJO Mejobo Kudus. Motivasi Belajar merupakan kekuatan yang menjadi pendorong kegiatan individu untuk melakukan suatu kegiatan mencapai tujuan. Role Playing merupakan suatu model pembelajaran inovatif yang dilakukan dengan berkelompok yang setiap anggota kelompok melakukan bermain peran di suatu teks skenario. Hipotesis tindakan penelitian ini yakni peningkatan keterampilan mengajar guru, aktivitas siswa, dan penerapan model Role Playing untuk peningkatan Motivasi Belajar IPS Pada Siswa Kelas V SDN 2 JOJO Mejobo Kudus 2016/2017. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas V SDN 2 JOJO dengan subjek penelitian peneliti sebagai guru dan 23 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas yakni model pembelajaran Role Playing. Sedangkan variabel terikatnya yakni Motivasi Belajar. Instrumen penelitian ini yakni tes tertulis, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan merupakan analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Role Playing dapat meningkatkan Motivasi Belajar IPS materi Peninggalan Sejarah Hindu-Budha dan Islam, keterampilan mengajar guru dan aktivitas siswa; (1) keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I memperoleh rata-rata 73% kriteria baik, dan meningkat pada siklus II memperoleh 96%; (2) Aktivitas belajar siswa meningkat cukup signifikan, pada ranah afektif siklus I (52%) kategori baik, dan siklus II menjadi 96% dalam kategori baik. Ranah psikomotorik pada siklus I 67% kategori baik, siklus II menjadi 81% kategori sangat baik.(3) presentase ketuntasan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 52,1% termasuk pada kategori baik, dan siklus II meningkat menjadi 86,9% kategori sangat baik. Simpulan dalam penelitian ini yakni penggunaan model Role Playing dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa dan motivasi belajar pada kelas V 2 JOJO Mejobo Kudus. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model Role Playing guru harus memperhatikan karakteristik siswa dan bagi sekolah perlu menindak lanjuti dan memakai model Role Playing pada mata pelajaran yang lain dengan memperhatikan karakteristik siswa, materi, dan juga proses pembelajaran.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dra. Sumarwiyah, M.Pd Kons |
Kata Kunci: | Kata kunci: Motivasi Belajar IPS, Model Role Playing |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 08 Jun 2018 03:54 |
Last Modified: | 08 Jun 2018 03:54 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9001 |
Actions (login required)
View Item |