VETRIASWARI, LAXMI (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN TEKA-TEKI SILANG PADA SISWA KELAS IV SD 4 GONDANGMANIS KUDUS. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (cover)
Halaman Judul.pdf - Accepted Version Download (509kB) | Preview |
PDF (bab 1)
Bab I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (215kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
Bab II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (329kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
Bab III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (409kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
Bab IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (266kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (94kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (237kB) | Preview |
PDF (lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi kenampakan alam dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together. Numbered Head Together adalah salah satu model pembelajaran kooperatif yang melatih siswa untuk aktif belajar secara berkelompok dan berkomunikasi memecahkan masalah yang diberikan guru. Model pembelajaran Numbered Head Together ini terdiri dari 6 fase yaitu fase 1: penomoran, fase 2: mengajukan pertanyaan, fase 3: diskusi bersama, fase 4: menjawab, fase 5: tanggapan dan fase 6: kesimpulan. Hasil belajar adalah perubahan tingkah laku siswa setelah mengikuti kegiatan belajar yang mencakup ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 4 Gondangmanis Kudus dengan subjek penelitian 20 siswa. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus dengan 2 pertemuan setiap siklusnya. Variabel bebas dalam penelitian ini yakni model pembelajaran Numbered Head Together sedangkan variabel terikatnya yakni hasil belajar siswa kelas IV SD 4 Gondangmanis Kudus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan adanya peningkatan pada keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan persentase (75,56%) pada siklus I menjadi (84,11%) pada siklus II. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh persentase (73,35%) meningkat menjadi (79,60%) pada siklus II. Hasil belajar siswa ranah kognitif mengalami peningkatan dari siklus I (70%) menjadi (85%) pada siklus II. Pada ranah afektif meningkat dengan persentase (72,12%) pada siklus I menjadi (75,5%) pada siklus II. ranah psikomotorik mengalami peningkatan persentase dari (75,62%) pada siklus I menjadi (82,29%) pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa kelas IV SD 4 Gondangmanis Kudus dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Head Together berbantu teka-teki silang dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar IPS siswa meteri kenampakan alam ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik kelas IV SD 4 Gondangmanis Kudus. Saran yang diberikan peneliti pada siswa yakni siswa harus lebih aktif dalam pembelajaran dan untuk lebih meningkatkan rasa percaya diri
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd. |
Kata Kunci: | Kata Kunci: Hasil Belajar IPS, Model Numbered Head Together, Teka-Teki Silang |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 08 Jun 2018 04:05 |
Last Modified: | 08 Jun 2018 04:05 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9003 |
Actions (login required)
View Item |