ANAM, RIZZA NURUL (2018) PENERAPAN MODEL TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD 02 KARANGWOTAN PATI. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (cover)
HAL JUDUL.pdf - Accepted Version Download (1MB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (200kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (398kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (434kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (252kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (110kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (189kB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan hasil belajar PKn pada ranah kognitif, afektif, psikomotorik dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran PKn. Hasil belajar merupakan perubahan tingkat penguasaan pemahaman siswa dan perilaku pada diri siswa yang mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah penggunaan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar PKn materi Peraturan Perundang-undangan Tingkat Pusat dan Daerah bagi siswa kelas V SD 02 Karangwotan Pati. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD 02 Karangwotan Pati dengan subjek penelitian peneliti sebagai guru dan 25 siswa. Variabel bebas adalah model pembelajaran Talking Stick. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar PKn. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Talking Stick dapat meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar PKn. Keterampilan guru meningkat cukup signifikan antara hasil prasiklus (65,62%), siklus I (74,55%), dan siklus II (83,03%). Hasil belajar siswa pada ranah kognitif juga meningkat cukup signifikan antara prasiklus (52,00%), siklus I (64,00%), dan siklus II (80,00%), didukung dengan hasil belajar siswa pada ranah afektif dan psikomotorik. Pada ranah afektif dari persentase siklus I (74,95%) menjadi (78,90%) di siklus II. Pada ranah psikomotorik dari persentase siklus I (74,71%) menjadi (78,21%) di siklus II. Simpulan dalam penelitian ini yakni penggunaan model Talking Stick dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar PKn siswa ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik pada kelas V SD 02 Karangwotan Pati Untuk itu disarankan dalam menerapkan model Talking Stick, guru harus memperhatikan karakteristik siswa dan perkembangan siswa agar tidak bosan, siswa yang belum tuntas hendaknya mau belajar lebih giat lagi, dan bagi sekolah perlu ditindaklanjuti.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dr. Murtoono, M.Pd |
Kata Kunci: | Kata kunci:Talking Stick, Hasil Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 09 Jun 2018 04:31 |
Last Modified: | 09 Jun 2018 04:31 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9019 |
Actions (login required)
View Item |