PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PKn MELALUI MODEL TWO STAY TWO STRAY KELAS IV SD 1 JATI WETAN KUDUS

ABROR, MOH SAHAL (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PKn MELALUI MODEL TWO STAY TWO STRAY KELAS IV SD 1 JATI WETAN KUDUS. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of cover]
Preview
PDF (cover)
PRA HALAMAN.pdf - Accepted Version

Download (441kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB 1.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
BAB VI SAHAL.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan ketrampilan guru pada mata pelajaran PKn materi globalisasi kelas IV SD 1 Jati Wetan Kudus, (2) meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi globalisasi kelas IV SD 1 Jati Wetan Kudus (3) meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi globalisasi kelas IV SD 1 Jati Wetan Kudus. Keterampilan mengajar dengan melibatkan aktivitas secara langsung dapat membuat pembelajaran menjadi lebih berarti bagi siswa. Aktivitas siswa dalam belajar sangat berpengaruh terhadap hasil belajar. Hasil belajar merupakan perubahan yang dicapai siswa setelah melalui proses pembelajaran. Pemilihan model Two Stay Two Stray dalam penelitian ini dirasa tepat karena mempunyai karakteristik dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam hal bersosialisasi dan mengungkapkan pendapat. Peningkatan aktivitas dapat membuat pembelajaran bermakna sehingga hasil belajar siswa meningkat. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di SD 1 Jati Wetan Kudus dengan subjek peneitian 26 siswa. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus dengan 2 pertemuan setiap siklusnya. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar mata pelajaran PKn siswa kelas IV SD 1 Jati Wetan Kudus. Teknik pengumpulan data yang digunkan yakni observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan model Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I ke siklus II dari presentase 66,28% menjadi 87,49%. Pada ranah afektif juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yakni 42,69% menjadi 82,98%, ranah psikomorik juga mengalami peningkatan dilihat dari siklus I ke siklus II yakni dari 45,57% menjadi 80,05%. Kemudian hasil belajar ranah kognitif juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II presentase ketuntasan klasikal siswa yakni 50% menjadi 85%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 1 Jati Wetan Kudus dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar siswa pada ranah afektif, psikomorik dan kognitif pada pembelajaran PKn materi globalisasi kelas IV SD 1 Jati Wetan Kudus.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd.
Kata Kunci: Kata Kunci: Two Stay Two Stray, Hasil Belajar, PKn
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 26 Jun 2018 04:32
Last Modified: 26 Jun 2018 04:32
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9100

Actions (login required)

View Item View Item