ANDRIYANI, VIKA (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS V BERBANTUAN MEDIA KARTU BERGAMBAR PADA MATA PELAJARAN IPS. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (hal judul)
1. Hal. Judul.pdf Download (679kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (355kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (453kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (464kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (296kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (266kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (164kB) | Preview |
PDF (lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (11MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan penerapan model pembelajaran Mind Mapping berbantuan media bergambar dan menemukan peningkatan pemahaman konsep serta aktivitas siswa pada mata pelajaran IPS materi proklamasi kelas V SD 10 Gondosari yang dijabarkan sebagai berikut: (1) menjelaskan pemahaman konsep IPS siswa kelas V SD 10 Gondosari menggunakan model pembelajaran Mind Mapping berbantuan media kartu bergambar, (2) menjelaskan aktivitas belajar siswa kelas V SD 10 Gondosari dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping berbantuan media kartu bergambar. Pembelajaran Mind Mapping berbantuan media kartu bergambar dapat membantu siswa dalam memahami dan memberikan beberapa gambaran tentang bagaimana proses proklamasi berlangsung. Hal tersebut dapat membuat siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran, khususnya pada saat pembelajaran secara berkelompok. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan pada mata pelajaran IPS materi Proklamasi.Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas V SD 10 Gondosari dengan subjek penelitian 19 orang siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model Mind Mapping. Sedangkan variabel terikatadalah pemahaman konsep IPS. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara,observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari tindakan selanjutnya dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan nilai pemhaman konsep IPS siswa dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping berbantuan media kartu bergambar yang cukup siknifikan atar siklus I sebesar 78,6% menjadi 83,3% pada siklus II. Didukung dengan peningkatan aktivitas belajar siswa menggunakan model pembelajaran Mind Mapping berbantuan media kartu bergambar pada siklus I sebesar 67% menjadi 76% pada siklus II. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran Mind Mapping berbantuan media kartu bergambar dapat meningkatkan pemahaman konsep IPS pada materi proklamasi dan aktivitas belajar siswa kelas V SD 10 Gondosari.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Oktavianti, S. Pd., M. Pd |
Kata Kunci: | Pemahaman Konsep IPS, Mind Mapping, dan Media Kartu Bergambar. |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 04 Jan 2019 03:12 |
Last Modified: | 04 Jan 2019 03:12 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9237 |
Actions (login required)
View Item |