IRAWAN AS, MOH DANU (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V SDN 02 SUMBERMULYO PATI. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (hal judul)
HAL. JUDUL.pdf - Accepted Version Download (659kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (189kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (191kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (527kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (210kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (162kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (230kB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan (1). Untuk Mengetahui Keterampilan Guru dalam Pembelajaran IPS dengan Menerapkan Model Pembelajaran Pictue and Picture Kelas V SDN 02 Sumbermulyo Pati (2) Untuk Mengetahui Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menerapkan Model Pembelajaran Picture and Picture Kelas V SDN 02 Sumbermulyo Pati. (3) ) untuk mendeskripsikan Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Kelas V SDN 02 Sumbermlyo Pati. Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan berpikir dalam memecahkan suatu masalah yang sedang terjadi.dan keputusan secara logis dan tepat. Model Picture and Picture merupakan model pembelajaran yang. Siswa dalam model ini dituntut untuk aktif dalam mengurutkan gambbar-gambar secara sistematis.Hipotesis tindakan yang diajukan berpikir kritis,keterampilan guru dan aktivitas belajar siswadengan diterapkannya model Picture and Picture pada kelas V SDN 02 Sumbermulyo Pati. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SDN 02 Sumbermulyo dengan subyek penelitian 20 siswa. Penelitian ini berlangsung dua siklus. Variabel bebas adalah model Picture and Picture. Sedagkan variabel terikat adalah kemampuan berpikir kritis. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik wawancara,observasi,tes dan dokumentasi. Analisis yang digunakan analisis deskriptif Kuantitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan terhadapketerampilan guru siklus I sebesar 75% (Baik) sedangkan pada siklus II naik sebesar 81,8 (Baik) Didukung dengan aktivitas siswa siklus I 64% (Cukup Baik) meningkat pada siklus II sebesar 81% (Baik).) sedangkan kemampuan berpikir kritis yang cukupsignifikan yaitu Siklus I ketuntasan klasikal 50%(kurang kritis) pada siklus II meningkat ketuntasan klasikal sebesar 85% (kritis). Hal ini membuktikan bahwa penggunakan model Picture and Picture dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia kelas V SDN 02 Sumbermulyo Pati. Berdasarkan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakuakan di SDN 02 Sumbermulyo Pati dapat disimpulkan bahwa penerapan model Picture and Picture dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Deka Setiawan S.Pd ,M.Pd |
Kata Kunci: | Picture and picture,Kemampuan berpikir kritis,IPS |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 04 Jan 2019 03:11 |
Last Modified: | 04 Jan 2019 03:11 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9239 |
Actions (login required)
View Item |