LUSIYANTI, RENY (2018) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MEDIA PAPAN GRAFIS DAN DIAGRAM BARIS. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (hal judul)
1. HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (708kB) | Preview |
PDF (bab 1)
2. BAB I FIX (1-14).pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (152kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
3. BAB II FIX (15-44).pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (256kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
4. BAB III FIX (45-73).pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (448kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
5. BAB IV (74-146).pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
6. BAB V (147-167).pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (245kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
7. BAB VI (168-170).pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (90kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
8. DAFTAR PUSTAKA (171-175).pdf - Accepted Version Download (213kB) | Preview |
PDF (lampiran)
9. LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (9MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media Papan Garis dan Diagram Baris dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis, keaktifan siswa pada materi penyajian data kelas IV SD 1 Panjang, dan keterampilan mengajar guru. Model CTL merupakan model yang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran dan mampu mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari. Hipotesis penelitian ini adalah model CTL berbantuan media papan grafis dan diagram baris mampu meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis, keaktifan belajar siswa dan keterampilan mengajar guru. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 tahap siklus. Subyek penelitian adalah 29 siswa kelas IV SD Panjang dan peneliti bertindak sebagai guru. Dalam penelitian ini, variabel bebas adalah model CTL dan media Papan Grafis dan Diagram Baris sedangkan variabel terikat adalah pemahaman konsep matematis dan keaktifan siswa pada materi penyajian data. Instrumen penelitian ini adalah tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data meliputi data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian pada siklus I rata-rata yang diperoleh yakni 56,97 (sedang) dan meningkat menjadi 82,55 (tinggi) pada siklus II. Ketuntasan klasikal sebesar 34 % pada siklus I dan meningkat menjadi 76% pada siklus II. Didukung dengan peningkatan keaktifan siswa pada siklus I sebesar 57,04 (cukup) dan meningkat menjadi 81,17 (baik) pada siklus II. Keterampilan mengajar guru juga mengalami peningkatan pada siklus I yakni 62 (cukup) menjadi 81 (baik) pada siklus II. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penelitian pada pembelajaran matematika melalui penerapan model Contextual Teaching and Learning berbantuan media papan grafis mampu meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis, keaktifan belajar dan keterampilan guru. Berdasarkan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 1 Panjang dapat disimpulkan bahwa penggunaan model CTL mampu meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan keaktifan siswa kelas IV SD 1 Panjang serta mampu meningkatkan keterampilan mengajar guru. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model CTL, guru harus mengkontruksi pengetahuan siswa agar siswa mampu menemukan
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Himmatul Ulya, S.Pd., M.Pd |
Kata Kunci: | Pemahaman Konsep Matematis, Contextual Teaching And Learning, Papan Grafis, Diagram Baris |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 04 Jan 2019 03:10 |
Last Modified: | 04 Jan 2019 03:10 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9246 |
Actions (login required)
View Item |