RAHAYU, DWI (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NHT (NUMBER HEAD TOGETHER) BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAN KONSEP SISWA IPS KELAS V SD 7 KANDANGMAS. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (hal judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (465kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (218kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (292kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (292kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (155kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (120kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUISTAKA.pdf - Accepted Version Download (121kB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini dilaksanakan karena rendahnya pemahaman konsep IPS siswa kelas V SD 7 Kandangmas. tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendiskripsikan aktivitas siswa, ketrampilan guru dan peningkatan pemahaman konsep IPS dengan diterapkannya model Numbered Head Together (NHT) untuk IPS kelas V SD 7 Kandangmas. Numbered Head Together (NHT) merupakan model pembelajaran kooperatif yang mengikutsertakan partisipasi siswa dalam pembelajaran dan dapat melatif siswa untuk aktif belajar secara individu serta kelompok dan berkomunikasi memecahkan masalah yang diberikan guru. Menghargai jasa para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada siswa kelas V SD 7 Kandangmas tahun pelajaran 2017/2018. Prosedur penelitian ini terdiri dari (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) pengamatan; (4) (refleksi), metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dokumentasi. Data dianalisis secara analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini adalah peningkatan yang signifikan aktivitas belajar siswa yang meningkat dengan presentase rata-rata siklus I 72% (tinggi) dan meningkat pada siklus II 87% (sangat tinggi). Aktivitas pengelolaan pembelajaran dengan model Numbered Head Together (NHT) juga mengalami peningkatan dari presentase 80% (tinggi) pada siklus I dan 93,7% (sangat tinggi) pada siklus II. Hasil pemahaman konsep dengan presentase 30% (rendah) pada prasiklus 83% (tinggi) pada siklus I dan meningkat menjadi 91% (sangat tinggi) pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini dapat diterangkan bahwa penerapan model Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas siswa, ketrampilan guru serta pemahaman konsep pada siswa kelas V SD 7 Kandangmas. Saran yang diberikan yaitu siswa hendaknya lebih aktif dalam pebelajaran, guru hendaknya menggunakan model Numbered Head Together (NHT) pada pembelajaran IPS dan menggunakan model pembelajaran lain yang lebih kreatif, sekolah dapat meningkatkan mutu dan kualitas melalui pembelajaran yang lain, peneliti lain dapat meningkatkan pelaksanaan pembelajaran yang lebih maksimal.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dra. Sumarwiyah, M.Pd, Kons. |
Kata Kunci: | Numbered Head Together (NHT), Pemahaman Konsep, IPS. |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 04 Jan 2019 03:06 |
Last Modified: | 04 Jan 2019 03:06 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9257 |
Actions (login required)
View Item |