SAFITRI, TITIN (2018) PENERAPAN MODEL JIGSAW UNTUK PENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIS DENGAN PERMAIANAN ULAR TANGGA TIGA DIMENSI (ULTRA 3D) PADA SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR PADA KELAS III SD N 3 NGELING. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (hal judul)
Hal Judul.pdf - Accepted Version Download (681kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (351kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (959kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (789kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (561kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (314kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (430kB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (14MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa, mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengajar guru dalam mengelola pembelajaran, dan menemukan peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa menggunakan model pembelajaran Jigsaw dengan permainan ular tangga tiga dimensi (ULTRA 3D) pada sifat-sifat bangun datar pada kelas III SD N 3 Ngeling. Penelitian tindakan kelas ini telah dilaksanakan di kelas III SD N 3 Ngeling dengan subjek penelitian 28 siswa dan peneliti sebagai guru. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang dilaksanakan selama dua siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas penelitian ini adalah model pembelajaran jigsaw dengan permainan ular tangga tiga dimensi (ULTRA 3D) sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan pemahaman matematis, aktivitas belajar siswa dan keterampilan mengajar guru. Teknik pengumpulan datar yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil Penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemahaman matematis pada materi sifat-sifat bangun datar yang signifikan yang mencapai rata-rata presentase antara siklus I (71,43%) dan siklus II (82,14%). Rata-rata aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari skor rata-rata 2,31 dengan kriteria cukup baik pada siklus I, mengalami peningkatan menjadi 2,53 pada siklus II dengan kriteria baik. Hasil keterampilan mengajar guru juga mengalami peningkatan dari skor rata-rata 3,07 dengan kriteria baik, meningkat menjadi skor rata-rata sebesar 3,35 pada siklus II dengan kriteria sangat baik Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Jigsaw dengan media permainan ular tangga tiga dimensi (Ultra 3D) dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis, mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa, dan dapat meningkatkan keteramnilan mengajar guru dalam mengelola pembelajaran matematika. Sedangkan saran yang dapat peneliti berikan model pembelajaran Jigsaw dengan permainan ular tangga tiga dimensi (Ultra 3D) dapat diterapkan pada materi yang berbeda
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Drs. Sucipto, M.Pd., |
Kata Kunci: | Model Jigsaw, Pemahaman Matematis, Permainan Ular Tangga Tiga Dimensi (ULTRA 3D), Sifat-sifat Bangun Datar. |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 22 Mar 2019 01:49 |
Last Modified: | 22 Mar 2019 01:49 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9281 |
Actions (login required)
View Item |