PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM LEARNING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS IV SD 3 SADANG KUDUS

WAHYU WIJAYANTO, TRI (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM LEARNING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS IV SD 3 SADANG KUDUS. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of hal judul]
Preview
PDF (hal judul)
SAMPUL.pdf - Accepted Version

Download (532kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB I NEW.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB II NEW.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (392kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB III NEW.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (683kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB IV NEW.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB V NEW.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
BAB VI NEW.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang bertujuan untuk mengungkapkan atau menyampaikan perasaan, ide ataupun gagasan melaui bahasa tulis. Model quantum learning merupakan pembelajaran yang membiasakan belajar dengan menyenangkan dengan langkah-langkah yang disingkat TANDUR (Tanamkan, Alami, Namai, Demonstrasi, Ulangi, Rayakan). Berbantuan media gambar berseri, media visual yang efektif untuk merangsang kreatifitas dan pemahaman siswa. Hipotesis penelitian ini adalah penggunaan model quantum learning berbantuan media gambar berseri dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi menulis narasi siswa kelas IV SD 3 Sadang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SDN 3 Sadang dengan jumlah 17 siswa dan penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus yaitu 2 pertemuan. Tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model quantum learning dan media gambar berseri sedangkan variabel terikatnya keterampilan menulis karangan siswa dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. Uji validitas instrumen tes menggunakan validitas expert judgement. Teknik analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil observasi menunjukan ketuntasan prasiklus siswa hanya sebesar 35,29%. Kemudian hasil penelitian ini menunjukan dengan menggunakan model Quantum Learning berbantuan media gambar berseri dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan menulis narasi siswa. Keterampilan guru dalam mengajar meningkat dari siklus I rata-rata 69,28% (Baik) menjadi 81,42% (Sangat baik) pada siklus II. Aktivitas siswa dalam belajar meningkat dari siklus I pertemuan 1 dengan rata-rata 62,5% (baik) menjadi 70,03% (baik) pada pertemuan 2. Aktivitas siswa siklus II pertemuan 1 mendapat persentase rata-rata 71,81%, naik menjadi 83,08% (Sangat baik) pada pertemaun 2. Keterampilan menulis narasi pada siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia juga mengalami peningkatan dari siklus I dengan persentase ketuntasan 70,56% menjadi 94,11% pada siklus II. Simpulan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan model Quantum Learning berbantuan media gambar berseri dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengajar, aktivitas siswa dalam belajar, dan keterampilan menulis narasi siswa pada kelas IV SD 3 Sadang. Oleh karena itu disarankan dalam menerapkan model Quantum Learning, guru diminta memperhatikan seluruh siswanya saat kegiatan menulis narasi berlangsung agar semua siswa dapat menulsi narasi dengan baik

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Irfai Fathurohman, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Narrative writing, Quantum Learning, serial images, Indonesian.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 22 Mar 2019 02:04
Last Modified: 22 Mar 2019 02:04
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9308

Actions (login required)

View Item View Item