PUTRI HARDIYANTI, AGUSTINA (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS IV SEMESTER II PADA TEMA KAYANYA NEGERIKU DI SD NEGERI TLOGOWUNGU 01 TAHUN AJARAN 2017/2018. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (hal judul)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version Download (659kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (300kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (779kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (578kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (213kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (276kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (379kB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (10MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, meningkatkan aktifitas siswa dan menemukan peningkatan hasil belajar siswa dengen diterapkanya model pembelajaran Time Token pada Tema Kayanya Negeriku muatan IPS dan Bahasa Indonesia. Model pembelajaran Time Token merupakan model pembelajaran yang dirancang untuk mempengaruhi pola interakasi siswa dan sebagai alternated terhadap struktur kelas tradisional. Hasil belajar adalah terjadinya perubahan peningkatan kemampuan siswa berupa ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik.Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah dengan menerapkan model pembelajaran Time Token dapat meningkatkan keterampilan guru serta menemukan peningkatan hasil belajar siswa.Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus memiliki 4 tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.Lokasi penelitian di SD Negeri Tlogowungu 01.Subjek penelitian 23 siswa pada kelas IV.Variabel bebas adalah model pembelajaran Time Token, sedangkan varabel terikat adalah hasil belajar. Hasil keterampilan guru pada siklus I pertemuan I memperoleh 78% (baik) dan pertemuan II sebesar 80% (baik).Sedangkan pada siklus II pertemuan I memperoleh 92% (sangat baik) dan pertemuan II memperoleh 96% (sangat baik).Hasil belajar ranah sikap dan keterampilan pada siswa pada siklus I pertemuan I sebesar 85% (baik) dan pertemuan II sebesar 89% (baik).Sedangkan pada siklus II pertemuan I memperoleh 96% (sangat baik) dan pertemuan II sebesar 97% (sangat baik).Hasil penelitian pada siklus I hasil hasil belajar ranah kognitif pada muatan IPS ketuntasan klasikal 83% dengan nilai rata-rata kelas sebesar 77 pada siklus I sedangkan pada muatan Bahasa Indonesia ketuntasan klasikal 83% dengan nilai rata-rata kelas 76 sedangkan pada siklus II muatan IPS 91% dengan nilai rata-rata 88 sedangkan pada muatan Bahasa Indonesia 87% dengan nilai rata-rata 88. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa penerapan model Time Token dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa pada tema kayanya negeriku di kelas IV pada SD Negeri Tlogowungu 01. Saran yang dapat diberikan yaitu sebaiknya guru dapat menerapkan model Time Token sebagai solusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dr. Murtono, M.Pd |
Kata Kunci: | Time Token, Hasil Belajar Tema Kayanya Negeriku |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 22 Mar 2019 02:04 |
Last Modified: | 22 Mar 2019 02:04 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9310 |
Actions (login required)
View Item |